sign up SIGN UP search


menyusui

10 Penyebab Nyeri Puting Saat Bunda Menyusui Bayi 1 Bulan

Annisa Karnesyia Senin, 10 May 2021 08:02 WIB
Young mother breastfeeding at home, bonding with baby child toddler caption
Jakarta -

Nyeri puting umumnya terjadi saat pertama kali menyusui bayi. Kondisi ini tentu bisa bikin enggak nyaman ya, Bunda.

Rasa nyeri di puting akan terasa sakit sekitar hari ketiga setelah melahirkan. Biasanya rasa nyeri ini akan hilang dalam dua minggu.

Menurut dokter obgyn, James Greenberg, M.D., nyeri puting yang berkepanjangan dapat berubah menjadi serius bila tidak ditangani. Nyeri bisa menjadi infeksi yang mengganggu proses menyusui.


"Bisa apa saja dimulai dari nyeri payudara karena produksi ASI, lalu berubah menjadi lebih serius seperti infeksi payudara," kata Greenberg, dilansir What to Expect.

Kebanyakan masalah nyeri puting bisa diatasi atau akan hilang dengan sendirinya. Meski terasa mengganggu, Bunda enggak boleh berhenti menyusui. Jika tidak bisa mengatasinya, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Nyeri atau puting sakit saat menyusui bayi baru lahir dapat disebabkan perubahan hormonal. Nyeri dapat bersifat sementara atau menetap.

"Pada nyeri yang sementara, puting akan terasa lebih sensitif. Pada masa ini, bayi juga baru belajar menyusu dengan mengisap sehingga puting dan jaringan areola tertarik masuk ke dalam mulut bayi," ujar konselor laktasi, F.B. Monika dalam Buku Pintar ASI dan Menyusui.

Sementara itu, nyeri menetap atau kronis dapat terjadi setelah satu minggu melahirkan. Biasanya pada kasus ini, puting tampak pecah-pecah hingga berdarah.

Setelah melahirkan atau bayi berusia satu bulan, puting dapat kembali nyeri. Kondisi ini bisa disebabkan beberapa hal, Bunda. Simak ulasannya di bawah ini.

Penyebab nyeri puting saat menyusui bayi 1 bulan:

1. Posisi menyusu kurang baik bisa disebabkan bayi lebih besar usianya, sehingga banyak bergerak dan mencari posisi sendiri tanpa menghiraukan kondisi ibunya.

2. Infeksi jamur (thrush) yang disebabkan jamur. Kondisi ini terjadi di mulut bayi, terlihat seperti gumpalan tebal dan putih di lidah.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips perbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB NYERI PUTING: BAYI TUMBUH GIGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi