sign up SIGN UP search


menyusui

4 Manfaat Menyusui, Cegah Bayi Tersedak hingga Hindarkan Masalah Pernapasan

Annisa Karnesyia Selasa, 01 Jun 2021 16:20 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Menyusui dapat memengaruhi tumbuh dan kembang bayi, Bunda. Selain untuk memenuhi nutrisi, pemberian ASI juga bisa memengaruhi tumbuh kembang rongga mulut dan gigi bayi lho.

Menurut DR. drg. Eriska Riyanti, Sp. K.G.A (K), dalam proses menyusui, bayi akan belajar mengisap dan menelan. Berbeda dengan orang dewasa, bayi hanya bisa melakukan dua aktivitas ini untuk makan.

"Pada usia bayi, ada proses mengisap dan menelan. Saat puting masuk ke rongga mulut, lidah menekan ke bagian atas. Daerah sekitar rongga mulut ini akan melakukan pergerakan secara ritmik untuk mengisap, kemudian di bagian atas lidah akan kedap dan ASI akan keluar," ujar Eriska dalam Jumpa Pers Virtual Baby Huki via Zoom, Jumat (28/5/21).


"ASI yang keluar dari puting ibu akan didorong oleh lidah bayi ke bagian belakang, kemudian proses menelan akan terjadi. Ini akan terjadi terus-menerus selama anak menyusu."

Selama di dalam kandungan, sebenarnya bayi sudah belajar mengisap, Bunda. Namun, mereka saat itu hanya belajar mengisap tangannya sendiri.

Saat bayi lahir, dia mulai akan belajar untuk mengisap puting ibunya. Proses inilah yang berperan penting dalam pertumbuhan rongga mulut bayi.

Bunda tak perlu ragu menyusui Si Kecil karena memiliki segudang manfaat seperti ulasan di bawah ini:

1. Mendekatkan bayi dengan ibu

Menyusui merupakan proses pemberian nutrisi yang terbaik untuk mendekatkan Bunda dan buah hati. Menurut Eriska, secara psikologis bayi yang menyusu akan dekat karena berada dalam dekapan Bundanya.

"Bayi berada dalam dekapan ibunya, melakukan tatap muka, ada kedekatan jarak badan ibu dan badan bayi, selanjutnya bayi akan mendengar detak jantung ibu, sehingga mewujudkan rasa dekat ibu dan bayi," ujar Dokter Gigi Anak dan Ketua Peneliti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran ini.

Simak manfaat menyusui dan pemberian ASI lainnya di halaman berikut ya.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MANFAAT PEMBERIAN ASI UNTUK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi