sign up SIGN UP search

menyusui

5 Tips Menjaga Pola Makan Busui Tetap Sehat, Perhatikan Protein dan Lemak

Annisa Karnesyia Minggu, 27 Jun 2021 18:31 WIB
TIPS MAKAN SEHAT SELAMA MENYUSUI
Ibu menyusui makan caption

Menu makanan selama menyusui perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI. Dilasir buku Hidangan Sehat untuk Ibu Menyusui oleh Hindah Muaris, berikut 5 tips makan sehat untuk Bunda yang lagi menyusui:

  1. Bunda yang baru melahirkan dan mulai menyusui perlu mengonsumsi lebih banyak makanan, yakni sekitar 400-500 kalori tambahan.
  2. Bunda dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi, kentang, ubi, dan pisang. Kurangi asupan karbohidrat simpleks (sederhana) seperti gula ya.
  3. Asupan protein dibutuhkan sekitar 1,2 gram per kilogram (kg) berat badan Bunda. Sekitar 3/4 protein harus dipenuhi dari protein hewani, seperti daging, ayam, ikan, dan susu. Perhitungan kira-kira, jika berat badan Bunda 60 kg, maka asupan protein yang dibutuhkan sekitar 70 gram.
  4. Lemak yang bisa dikonsumsi, yakni jenis lemak jenuh, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak tidak jenuh ganda. Perbandinganya adalah 1:1:1.
  5. Tetap konsumsi vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin D, zinc, zat besi, selenium, dan mineral lainnya. Asupan booster mineral seperti zat besi dan kalsium mungkin dibutuhkan dari makanan seperti daging dan susu.
(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!