sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab Payudara Bengkak Saat Menyusui dan 3 Cara Mengatasinya

Meita Fajriana Jumat, 25 Jun 2021 20:35 WIB
CARA MENGATASI PAYUDARA BENGKAK SAAT MENYUSUI
Close up portrait of beautiful young mother asian carrying little baby girl in home and sunlight in the morning. Healthcare, love, relationship concept caption

2. Membuat diri lebih nyaman

Mandi air hangat atau berendam air hangat dapat memberikan efek rileks. Tetapi hindari kontak shower ke payudara langsung ya Bunda karena dapat menyakitkan pada payudara yang bengkak. Atau Bunda juga bisa meletakkan kompres hangat ke payudara sebelum menyusui atau memompa. Kehangatan dapat membantu menenangkan dan membuat ASI kembali mengalir. 

Gunakan tangan atau pompa payudara untuk mengeluarkan sedikit ASI sebelum setiap menyusui. Ini akan membantu meringankan sumbatan di aliran susu dan melembutkan payudara, mengurangi kecepatan aliran ASI, dan memudahkan bayi untuk menyusu. Pijat payudara Bunda saat bayi menyusu untuk membantu meredakan bengkak dan mengeluarkan lebih banyak ASI

3. Meredakan rasa sakit

Setiap kali sehabis menyusui, berikan kompres dingin ke payudara Bunda, bisa dengan menyelipkan di bawah bra untuk membantunya tetap di tempatnya. Hal ini dapat meredakan rasa sakit secara signifikan.Namun, perhatikan bahwa penggunaan kompres dingin yang berlebihan juga dapat mengakibatkan berkurangnya suplai ASI loh Bunda, jadi jangan menggunakannya lebih dari yang diperlukan ya. 


Konsultasikanlah dengan dokter tentang penggunaan obat nyeri yang dijual bebas untuk membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Kenakan bra yang pas tetapi tidak terlalu ketat. Serta beristirahatlah yang cukup ya Bunda. 

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!