sign up SIGN UP search


menyusui

3 Tips Ampuh Mencegah Aliran ASI Tersumbat, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Rabu, 14 Jul 2021 13:21 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Payudara terasa sakit ketika menyusui, Bunda. Selain karena infeksi, kondisi ini bisa terjadi karena aliranĀ ASI tersumbat lho.

Saluran ASI tersumbat terjadi ketika ASI tidak bisa keluar atau payudara memiliki sistem pengaliran yang buruk. Masalah menyusui ini biasanya paling sering dialami oleh para Bunda yang baru pertama kali menyusui.

"Gejala saluran ASI tersumbat bisa datang secara perlahan dan umumnya hanya memengaruhi satu payudara saja," kata dokter anak, Karen Gill, M.D., dilansir Healthline.


Gejalanya dapat berupa pembengkakan di sekitar benjolan di satu area payudara. Timbul rasa sakit di dekat benjolan dan rasa tidak nyaman saat menyusui.

Saluran ASI tersumbat perlu ditangani agar tidak menjadi parah. Bila dibiarkan, payudara bisa terinfeksi bakteri dan menyebabkan mastitis, Bunda.

"Jika mengalami rasa sakit dan gejala lain disertai demam, maka itu mungkin infeksi," ujar Gill.

Saat Bunda mengalami kondisi ini, Gill menyarankan untuk tetap menyusui dan sering mengubah posisi. Terkadang, bergerak saat menyusui bisa membantu mengatasi sumbatan di saluran ASI.

Bunda enggak perlu khawatir, saluran ASI tersumbat bisa dicegah kok. Dilansir Drugs, berikut 3 cara mencegah aliran ASI tersumbat:

1. Kosongkan payudara sepenuhnya

Bunda sebaiknya mengosongkan payudara sepenuhnya untuk mencegah aliran ASI tersumbat ya. Bunda dapat menyusui bayi 8 hingga 12 kali setiap hari atau setiap bayi menunjukkan tanda lapar.

Bila tidak bisa mengosongkan payudara saat menyusui, Bunda bisa pumping dengan alat. Prinsipnya adalah jangan terburu-buru menyusui dan berikan waktu untuk buah hati mengosongkan payudara Bunda.

Baca halaman berikutnya untuk tahu tips cegah aliran ASI tersumbat ya.

Simak juga 3 penyebab produksi ASI turun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS CEGAH SALURAN ASI TERSUMBAT: PELEKATAN BENAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi