sign up SIGN UP search


menyusui

Boleh Menyusui Anak hingga Usia di Atas 2 Tahun, Tapi Perhatikan 3 Hal Ini Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 19 Jul 2022 11:10 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Si Kecil masih menyusu meski usianya sudah di atas 2 tahun, Bunda? Lalu sebenarnya boleh enggak sih menyusui langsung anak yang sudah MPASI seperti ini?

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan pertama kehidupan anak. Menyusui eksklusif adalah salah satu cara paling efektif untuk memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup anak. Sebab, ASI menyediakan semua energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk bulan-bulan pertama kehidupannya.

Menyusui dapat berlanjut sampai usia anak di atas 6 bulan. Pada periode ini, Bunda perlu mengenalkan MPASI karena Si Kecil membutuhkan nutrisi tambahan selain ASI.


Proses menyusui langsung atau direct breastfeeding bisa terus berlanjut bahkan sampai usia anak di atas 2 tahun lho. Kondisi ini disebut extension breastfeeding.

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. I.G.A.N Partiwi, SpA, MARS, extension breastfeeding boleh dilakukan, tapi Bunda harus ingat bahwa ASI saja tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Si Kecil perlu mendapatkan makanan pandamping karena kebutuhannya naik.

"Kalau di atas 1 tahun tidak bisa memenuhi nutrisi dengan extension breastfeeding, bukan ASI jelek tapi kebutuhannya naik," kata dokter yang akrab disapa Tiwi ini dalam acara Press Conference Grofato 'Grow Fast Gelato' di Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Hal yang perlu diperhatikan menyusui anak sampai usia di atas 2 tahun

Bunda dapat terus menyusui Si Kecil sampai usianya di atas 2 tahun. Tapi, Bunda perlu memastikan 3 hal berikut ini:

1. Mengetahui waktu anak menyusu dan makan MPASI

Bunda perlu mengetahui waktu anak menyusui dan makan untuk memastikan asupan nutrisinya tepat. Jangan menyusui di waktu makan anak, atau memberi makan anak di waktu menyusui ya.

"Bukan tidak boleh menyusui di atas usia 1 sampai 2 tahun, tapi harus dilihat kapan dia harus menyusui, kapan dia harus makan," ujar Tiwi.

2. Perhatikan laju pertumbuhan anak menyusui sampai usia di atas 2 tahun

Extension breastfeeding boleh dilakukan selama laju pertumbuhan anak baik. Bunda perlu tahu, pertambahan berat badan anak dapat berubah seiring bertambahnya usia.

"Parameter yang harus dilihat oleh orang tua adalah laju pertumbuhan berat badan dan itu sangat berubah dari masa anak dari 0-3 bulan, 3-6 bulan, dan 6-12 bulan. Di atas 1 tahun, menyusui itu bisa dibilang nomor dua, dia mengawal bukan yang utama. Kalau baru lahir, menyusui itu yang utama, tidak boleh pakai formula atau makanan apa pun. Tapi, begitu bayi usia 7-8 bulan tidak suka makan, itu tidak bisa hanya disusui," kata Tiwi.

3. Tidak mengganggu nafsu makan anak

Bunda bisa terus menyusui anak, bahkan setelah usia 2 tahun asal tidak mengganggu nafsu makannya ya. Jangan sampai anak tidak mau makan dan menjadi kurus hanya karena menyusu. Memasuki usia di atas 6 bulan, anak membutuhkan tambahan nutrisi dari MPASI.

"Asal tidak mengganggu nafsu makan dan berat badan tumbuh, itu kalau mau tetap menyusu silahkan," ungkap Tiwi.

"Jadi, bukan dilarang menyusui di atas 2 tahun, tapi orang tua harus tahu bahwa anaknya ini terganggu enggak nafsu makannya? Kebutuhan nutrisinya tercukupi tidak selama ini? kalau enggak memenuhi itu karena mau nempel terus, perlu diperhatikan," sambungnya.

Lalu adakah batasan menyusui langsung anak? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen

Simak juga 3 langkah atasi bingung puting, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PERHATIKAN KEMANDIRIAN ANAK SAAT MENYUSU SAMPAI DI ATAS 2 TAHUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!