sign up SIGN UP search

menyusui

Meski Dihujat, Bunda Ini Tetap Menyusui hingga 5 Tahun, Apa Alasannya?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 15:46 WIB
Ilustrasi Menyusui Meski Dihujat, Bunda Ini Tetap Menyusui hingga 5 Tahun, Apa Alasannya?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/crPrin
Jakarta -

Lima tahun adalah waktu yang cukup lama untuk menyusui anak. Tapi, tampaknya ini bukan suatu yang perlu dipermasalahkan untuk Lauren McLeod.

Wanita asal Perth, Australia, ini memutuskan untuk menyusui anak pertamanya, Bowie, selama lima tahun. Bowie lahir pada Agustus 2017, Bunda.

Akibat keputusannya itu, Lauren banyak mendapatkan hujatan. Banyak orang menudingnya melakukan child abuse.


Alasan Lauren terus menyusui hingga 5 tahun

Bukan tanpa alasan Lauren menyusui putranya sampai lima tahun. Lauren ternyata melakukannya karena sang putra tidak juga menunjukkan tanda ingin berhenti menyusui. Padahal, Lauren berencana untuk berhenti menyusui saat Bowie berusia 2 tahun.

Saat ini, Lauren sendiri juga masih menyusui adik Bowie, Tiger Lily, yang lahir pada Mei 2020. Bowie menyusui tiga kali seminggu, sementara adiknya menyusu sesuai permintaan (on demand).

Alasan lain Lauren terus menyusui Bowie karena ia yakin ASI merupakan nutrisi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh putranya. Wanita 29 tahun ini juga percaya ASI bisa memberikan kenyamanan untuk anaknya.

Lauren mendapatkan hujatan

Keputusan Lauren untuk terus menyusui Bowie ternyata panen hujatan, Bunda. Banyak orang menuduhnya melakukan child abuse atau perlakuan yang menyakiti anak, serta banyak yang merasa 'jijik' dengan perbuatannya menyusui anak yang sudah besar.

Tapi, Lauren tak pernah mau menggubris komentar orang-orang terkait keputusannya ini. Ia justru bersumpah akan berhenti menyusui sesuai permintaan anak-anaknya.

"Menyusui setelah bayi tumbuh adalah normal. Saya tidak pernah berpikir akan menyusui sampai usia anak saya 5 tahun. Tetapi, saya seperti ibu lainnya, akan melakukan yang terbaik untuk anak-anak saya," ungkap wanita yang juga seorang doula ini, dilansir Mirror.

"Ini tidaklah aneh atau bukan perlakukan yang mengarah ke tindakan seksual. Ini benar-benar normal dan saya akan terus melakukannya sampai mereka ingin berhenti," sambungnya.

Lauren yakin anaknya yang berusia 5 tahun akan berhenti menyusu. Bahkan sebelum menginjak usia 6 tahun, Bunda.

"Saya merasa tidak bahagia saat berpikir kapan ini berhenti karena ini adalah bagian dari hidup kami, dan saya rasa Bowie tidak akan menyusu lagi sampai usia 6 tahun," katanya.

Lauren memang menyusui Bowie dalam waktu lama. Tapi, ia punya aturan dalam menyusui anak pertamanya itu, terutama setelah sang adik lahir. Seperti apa prosesnya?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cara mengatasi kelelahan saat menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA LAUREN MEMBAGI WAKTU MENYUSUI DUA ANAKNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!