sign up SIGN UP search


menyusui

Kagumi Khasiat ASI, Amerika Rekomendasikan Ibu Menyusui Bayi Lebih dari 2 Th

Khesedtov Bana   |   Haibunda Minggu, 17 Jul 2022 12:51 WIB
Cute baby looks up at her mother while breastfeeding. One of the baby's blue eyes is looking at her mom. caption
Jakarta -

Menyusui setelah melahirkan merupakan salah satu perjalanan Bunda dalam mengASIhi dan mengasuh Si Kecil untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang baru saja lahir ke dunia.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi baru bisa diberi makanan padat ketika usianya sudah menginjak enam bulan. Nah, sebelum usia tersebut kebutuhan gizi bayi didapat dari ASI sang Bunda.

Selama ini, menyusui eksklusif selama 6 bulan memang sangat disarankan dan bisa berlanjut dengan pemberian MPASI hingga di Kecil berusia 2 tahun. Namun melihat begitu besarnya kebaikan ASI untuk pertumbuhan anak, kini Akademi Pediatri Amerika (AAP) memberikan rekomendasi terbaru bagi para Bunda untuk tetap menyusui atau memberikan ASI kepada anak hingga usianya mencapai dua tahun atau lebih.


Pada 27 Juni lalu, AAP mengeluarkan rekomendasi terbaru itu sejalan dengan pedoman yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), American Academy of Family Physicians (AAFP), dan Canadian Pediatric Society, dikutip dari AAP.org. "ASI memenuhi semua kebutuhan bayi selama enam bulan pertama kehidupan," kata Joan Younger Meek, MD, MS, RD, FAAP, FABM, IBCLC, penulis utama laporan tersebut.

"ASI memiliki nutrisi dan kemampuan perlindungan yang unik. Benar-benar sangat luar biasa apa yang bisa dilakukan ASI untuk sistem kekebalan anak yang sedang berkembang. Memang tidak semua ibu dapat menyusui atau melanjutkan menyusui karena berbagai alasan, termasuk hambatan di tempat kerja. Ibu menyusui juga berhak mendapatkan dukungan, informasi, dan bantuan yang tidak menghakimi selama menyusui," tambahnya.

AAP tetap menganjurkan para Bunda untuk memberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi, hanya saja kini AAP mendukung para Bunda tetap memberikan ASI di samping pemberian gizi tambahan melalui makanan kepada anak hingga usianya dua tahun atau lebih, sesuai dengan keinginan Bunda dan anak.

Rekomendasi dan dukungan ini diberikan setelah adanya dari temuan yang didapat oleh AAP yang menunjukkan menyusui atau pemberian ASI memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk bayi tetapi juga bagi para Bunda.

Manfaat menyusui lebih dari dua tahun

Melansir dari Motherly, menurut dr. Joan Younger Meek salah satu professor AAP mengatakan bahwa kandungan yang terdapat di dalam ASI Bunda itu unik karena memiliki nutrisi dan efek melindungi yang luar biasa sehingga sangat berguna untuk membantu perkembangan sistem kekebalan tubuh anak.

Bahkan ketika usia anak sudah mencapai tahun kedua manfaat yang terkandung dalam ASI Bunda tetapi memberikan efek yang luar biasa. Dalam temuan baru-baru ini, pemberian ASI di tahun kedua anak menyumbang makronutrien dan faktor imunologi, yang membantu perkembangan kekebalan anak.

Anak yang mendapatkan ASI selama usianya mencapai dua tahun atau lebih jadi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan jarang mengalami sakit seperti:

  • Diare berat
  • Penyakit saluran pernapasan bawah
  • Sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)
  • Penyakit radang usus (IBD)
  • Leukemia pada masa kanak-kanak
  • Diabetes
  • Obesitas
  • Asma
  • Dermatitis atopik

Lalu apa manfaat menyusui lebih dari 2 tahun untuk Bunda? Simak di halaman selanjutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang manfaat menyusui lebih dari 2 tahun untuk Bunda dan bayi.

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT MENYUSUI LEBIH DARI DUA TAHUN UNTUK BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!