sign up SIGN UP search


menyusui

7 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Menyusui, Bisa Atasi Sembelit Lho Bun

Annisa Karnesyia Kamis, 02 Sep 2021 14:26 WIB
Fresh sliced watermelon wooden  old background caption
Jakarta -

Makan buah-buahan selama menyusui sangat dianjurkan ya, Bunda. Apalagi, buah-buahan termasuk makanan yang ada di dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS).

Buah-buahan telah dikenal sebagai sumber nutrisi. Setiap buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Buah juga bisa membantu meringankan sembelit yang kerap dialami para Bunda setelah melahirkan. Setidaknya, kita perlu makan buah sekitar 2 cangkir per hari selama menyusui.


Nah, salah satu buah yang dianjurkan untuk Bunda menyusui adalah semangka. Buah berdaging merah atau kuning ini memiliki rasa manis dan menyegarkan saat dimakan.

Buah semangka seringkali dikonsumsi setelah makan sebagai makanan pencuci mulut. Di beberapa negara, buah ini menjadi makanan pelepas dahaga untuk menghilangkan rasa haus di musim panas.

Nutrisi di semangka

Buah semangka mengandung sekitar 92 persen air. Dilansir Live Science, setidaknya di setiap gigitan buah semangka mengandung vitamin A, B6, dan C.

Selain itu, buah ini juga mengandung banyak likopen, antioksidan, dan asam amino. Bahkan ditemukan juga kandungan potasium sederhana di dalam semangka.

Buah semangka cocok dijadikan sebagai makanan camilan. Per cangkir buah semangka mengandung sekitar 40 kalori, bebas lemak, dan rendah sodium.

"Semangka adalah makanan tinggi antioksidan dan asam amino yang bisa mengoptimalkan fungsi tubuh," kata Angela Lemond, ahli gizi diet dan juru bicara di Academy of Nutrition and Dietetics yang berbasis di Plano, Texas.

Ilmuwan menemukan bahwa kandungan likopen di semangka adalah fitonutrien. Senyawa alami dalam buah-buahan ini memiliki fungsi menyehatkan tubuh, seperti yang terkandung dalam sayuran.

Semakin merah warna daging semangka, semakin tinggi nilai likopennya lho. Selain itu, semangka yang matang juga mengandung beta karten dan antioksidan fenolik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Composition and Analysis tahun 2011 menyelidiki lima jenis semangka pada empat tahap pematangan. Ditemukan bahwa semangka mentah dengan daging putih memiliki hampir nol kandungan beta karoten. Pada saat daging benar-benar merah, buah ini menjadi sumber fitonutrien yang sangat baik untuk tubuh.

Ibu MenyusuiIbu Menyusui/ Foto: iStock

Manfaat semangka untuk ibu menyusui

Bunda yang lagi menyusui dianjurkan konsumsi buah semangka ya. Buah ini memiliki segudang manfaat bagi Bunda yang bisa melancarkan proses menyusui buah hati. Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat buah semangka untuk ibu menyusui:

1. Mencegah dehidrasi

Buah semangka mengandung lebih dari 90 persen air. Artinya, buah ini cocok untuk menghidrasi Bunda yang lagi menyusui nih.

Seperti kita tahu, cairan sangat dibutuhkan selama menyusui agar tubuh tidak lemas. Selain itu, cairan juga berkontribusi secara tak langsung untuk meningkatkan produksi ASI.

Selain itu, semangka juga menyediakan elektrolit, seperti kalium. Konsumsi semangka segar bisa membuat Bunda fokus dan tetap bugar selama musim panas.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi Bunda yang memiliki tekanan darah tinggi, coba deh makan semangka selama menyusui. Menurut studi yang diterbitkan di America Journal Hypertension tahun 2012, ekstrak semangka dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi dini.

Kandungan L-citrulline dan L-arginine , yakni dua antioksidan dalam semangka, dipercaya dapat meningkatkan fungsi arteri. Selain itu, kandungan likopennya juga bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung.

3. Mengatasi stres oksidatif

Semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan stres oksidatif karena kaya akan antioksidan. Stres oksidatif bisa dialami Bunda menyusui karena terpapar radikal bebas.

Dengan makan semangka, radikal bebas dalam tubuh bisa dilawan dan mencegah kerusakan ke tahap lebih lanjut. Radikal bebas bisa berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit neurogeneratif, seperti Alzheimer.

Selain antioksidan, kandungan likopen dan vitamin C di buah ini juga bersifat anti-inflamasi. Keduanya mampu mencegah penyakit kronis akibat peradangan.

4. Mengatasi nyeri otot

Kebanyakan Bunda akan mengalami nyeri otot karena kelelahan menyusui dan mengurus anak. Selain pijat, makan buah semangka ternyata bisa mengatasi nyeri ini lho.

Semangka dapat mengurangi nyeri otot da meningkatkan waktu pemulihan setelah tubuh lelah. Kandungan citrilline dan asam amino lah yang berperan penting mengurangi nyeri otot ini.

5. Camilan sehat untuk Bunda yang obesitas

Kelebihan berat badan hingga obesitas bisa dialami wanita setelah melahirkan. Tak heran banyak para Bunda melakukan diet untuk menurunkan berat badan saat menyusui.

Meski tidak dilarang, diet mengurangi asupan makanan saat menyusui tidak dianjurkan oleh pakar nutrisi. Mereka justru menyarankan Bunda untuk memilih makanan dan camilan yang sehat selama menyusui.

Penelitian tahun 2019 menemukan bahwa orang yang makan semangka dilaporkan tidak merasa lapar dibandingkan orang yang makan kue. Setelah empat minggu makan buah ini, tekanan darah dan berat badan bisa turun.

"Hasilnya menunjukkan bahwa semangka bisa menjadi pilihan camilan yang baik untuk orang obesitas dan mengalami sindrom metabolik.," ujar ahli nutrisi Megan Ware, RDN, L.D, dilansir Medical News Today.

6. Mencegah sembelit

Selain air, semangka juga mengandung sedikit serat. Keduanya sangat penting untuk kesehatan saluran cerna, Bunda.

Serat dapat melancarkan buang air besar, menyehatkan usus, dan mencegah sembelit. Fungsi saluran cerna menjadi maksimal karena serat dibantu air yang menjaga saluran pencernaan untuk bergerak secara efisien.

7. Menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

Di dalam buah semangka juga terdapat kolin yang menjadi bagian dari antioksidan. Kolin bermanfaat untuk menjaga fungsi sistem saraf tetap sehat.

Selain itu, kolin juga dapat mempertahankan struktur membran sel, transmisi impuls saraf, dan perkembangan otak. Makan buah semangka pun bisa membantu memperkuat memori, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!