sign up SIGN UP search


menyusui

Cegah ASI Ngedrop, Coba 6 Makanan & Minuman agar Busui Tetap Terhidrasi

Meita Fajriana Sabtu, 11 Sep 2021 08:30 WIB
Ibu menyusui makan caption

Jakarta - Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, perlu juga bagi Bunda untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh selama menyusui. Hal ini akan membuat produksi Air Susu Ibu (ASI) Bunda lebih banyak dan tentunya dapat menutrisi Si Kecil dengan maksimal. Lantas apa saja makanan dan minuman yang bisa membuat Bunda terhidrasi saat menyusui? Simak penjelasannya yuk Bunda. 

Melansir dari laman Very Well Family, ASI sebagian besar terbuat dari air. Selain itu selama menyusui berkala dalam sehari dapat membuat Bunda merasa haus. Jadi, Bunda perlu minum banyak cairan. Minumlah air yang cukup untuk menghilangkan dahaga Bunda dan cobalah untuk memenuhi kebutuhan cairan setidaknya delapan gelas air setiap hari.

"Aturan praktis yang baik adalah minum air setiap kali Bunda menyusui bayi. Ini akan lebih mudah diingat dan diterapkan," kata Meredith Shur perawat senior di New York, Amerika Serikat.


Idealnya ibu menyusui harus minum sekitar 8 hingga 12 gelas sehari, sehingga Bunda dan Si Kecil dapat terlindungi dari bahaya dehidrasi. Jika Bunda tidak mencukupi cairan tubuh, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan sembelit pada bayi. Hal ini juga dapat menyebabkan penurunan suplai ASI Bunda. Tentu Bunda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Cairan yang perlu Bunda penuhi tidak harus semuanya berasal dari air. Namun air mineral tetap menjadi pilihan yang baik. Air mineral bebas gula, bebas kafein, mudah didapatkan, dan dapat dinikmati pada suhu hangat ataupun dingin. Untuk memberikan perbedaan rasa, Bunda dapat dengan mudah menambahkan buah-buahan atau rempah-rempah pada segelas air mineral Bunda.

Faktanya, cairan apa pun yang Bunda konsumsi dan makanan kaya air apa pun yang Bunda makan, akan berkontribusi pada asupan cairan Bunda secara keseluruhan di dalam tubuh. Hal ini akan berpengaruh tentunya pada produksi ASI baik kuantitas ataupun kualitas.

Simak rekomendasi makanan dan minuman untuk ibu menyusui di halaman selanjutnya ya!

Selain itu, ibu menyusui juga sebaiknya hindari 4 makanan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN UNTUK IBU MENYUSUI AGAR TERHIDRASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!