sign up SIGN UP search


menyusui

4 Penyebab ASI Berkurang, Nomor 1 Penting Banget Diwaspadai Ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 25 Sep 2021 18:05 WIB
WASPADAI PEMBERIAN SUSU FORMULA
Mother holding her sleeping baby girl caption

Penyebab ASI Berkurang, simak ulasannya berikut ini:

2. Memberikan susu formula

Setelah bayi lahir, payudara bekerja berdasarkan sistem supply & demand. Pemberian ASI eksklusif mendorong permintaan yang lebih tinggi sehingga payudara menghasilkan lebih banyak ASI. Namun, melengkapi dengan pemberian susu formula untuk beberapa kali menyusui setiap hari akan memberi tahu tubuh bahwa ia tidak perlu memproduksi susu sebanyak itu dan persediaan ASI pun akan mulai berkurang.

3. Makan atau minum terlalu sedikit

Tergoda untuk berdiet lebih awal untuk menurunkan berat badan ekstra pasca persalinan sebaiknya perlu Bunda buang jauh-jauh ya. Meskipun diet itu penting, pastikan Bunda tetap makan cukup untuk mengisi 500 kalori yang dibakar menyusui setiap harinya. Pertimbangkan untuk makan camilan sehat seperti apel, oatmeal, dan lainnya guna memenuhi gizi seimbang selama menyusui.


Hindari juga hidrasi di mana hal ini penting untuk kelancaran produksi ASI. Jumlah cairan yang Bunda masukkan ke dalam tubuh akan memengaruhi seberapa banyak ASI yang dihasilkan. 

4. Sakit

Hanya terkena virus seperti flu, pilek, atau virus perut tidak akan mengurangi suplai ASI. Namun, gejala terkait kelelahan, diare, muntah, atau penurunan nafsu makan pasti dapat memengaruhinya. Mintalah bantuan orang di rumah ketika sakit, sehingga Bunda dapat terus memproduksi ASI yang cukup untuk menyusui atau memompa ASI untuk buah hati.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Tetap semangat mengASIhi.

 

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!