sign up SIGN UP search


menyusui

5 Posisi Menyusui yang Tidak Tepat, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Minggu, 27 Jun 2021 15:30 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Posisi menyusui yang tepat berperan penting dalam keberhasilan memberikan ASI pada bayi. Untuk itu, para Bunda memang perlu belajar menyusui sebelum bayinya lahir.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, menyusui itu membutuhkan latihan. Butuh waktu yang tak sebentar untuk mengetahui posisi menyusui yang paling baik.

Bunda dapat menyusui si Kecil dengan berbagai posisi bahkan bereksperimen menemukan posisi baru yang nyaman. Menyusui bisa dilakukan dengan posisi duduk, berdiri, dan berbaring.


Kunci utama menyusui adalah nyaman. Selama Bunda dan buah hati nyaman, serta pelekatan menyusu tepat, menyusui dalam posisi apa pun boleh dilakukan.

Meski begitu, Bunda sebaiknya sering mengganti posisi menyusui ya. Jangan hanya menggunakan satu posisi meski sudah merasa nyaman.

"Entah apa kita memutuskan untuk menggunakan salah satu posisi menyusui atau mencari posisi yang baru, ada baiknya untuk mengganti posisi yang kita gunakan," kata dokter obgyn, Meredith Shur, MD, FACOG, dilansir Very Well Family.

Saat menyusui si Kecil, Bunda mungkin membutuhkan bantalan atau aksesoris menyusui lainnya. Selama itu semua membantu, tak ada salahnya menggunakan satu atau lebih bantuan alat menyusu.

Sementara itu menurut Dr. dr. H. Imam Rasjidi, SpOG (K) Onk, posisi dasar menyusui itu terdiri dari posisi badan ibu, posisi badan bayi, serta posisi mulut bayi dan payudara ibu (pelekatan). Posisi yang kurang baik akan menghasilkan pelekatan yang tidak tepat.

"Posisi menyusui harus senyaman mungkin, dapat dengan posisi berbaring telentang, miring, atau duduk. Pada malam hari, posisi yang paling aman untuk menyusui adalah berbaring," kata Imam dalam buku Panduan Kehamilan Muslimah.

Bila ada posisi menyusui yang tepat, ada juga posisi menyusui yang salah. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 ASI booster alami yang bisa jadi pilihan Bunda, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

POSISI MENYUSUI YANG TIDAK TEPAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi