sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Diet Ibu Menyusui dari Dokter Cissie Nugraha, Jangan Salah Pilih Asupan Makanan

Annisa Karnesyia Senin, 11 Oct 2021 15:14 WIB
Ibu menyusui makan Ilustrasi Ibu Menyusui/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda menyusui diperbolehkan diet untuk menurunkan berat badan usai melahirkan ya. Namun, diet ibu menyusui ini enggak boleh dilakukan sembarangan alias tanpa panduan yang tepat.

Dokter gizi langganan artis Tanah Air, dr. Cissie Nugraha, MSc., MARS, mengatakan bahwa idealnya berat badan itu turun 0,5 sampai 1 kilogram (kg) per bulan.

"Tidak boleh berat badan turun secara drastis. Idealnya 0-5 sampai 1 kg per bulan. Namun, setiap orang berbeda ya. Pada orang yang lemaknya banyak pasti akan lebih banyak turunnya," kata Cissie kepada HaiBunda, belum lama ini.


Cissie menjelaskan, Bunda memerlukan tambahan makanan selama menyusui anak. Mulai dari kalori hingga porsi makan akan mengalami peningkatan selama menyusui.

Banner Wanita RI jadi Buruh di SwediaFoto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

"Ibu menyusui memerlukan makanan yang lebih banyak, yakni sekitar 500 kalori sehari. Jadi, tentu pola nya berbeda, ya kurang lebih dengan menambah satu porsi makan sehat sudah cukup," ujarnya.

Lebih lanjut menurut Cissie, Bunda menyusui memerlukan asupan makanan yang baik, seimbang, dan beragam agar bayi bisa tumbuh optimal. Asupan yang tepat juga bisa menjaga suplai ASI agar lebih berkualitas.

Selama menyusui, Bunda juga enggak boleh mengurangi salah satu kebutuhan nutrisi ya. Alih-alih mengurangi, Bunda bisa memilih beragam jenis makanan yang sehat.

"Jadi tidak boleh men-stop salah satu unsur makronutrien baik, seperti karbohidrat, protein, maupun lemak," ujarnya.

Sumber karbohidrat untuk menu makan selama menyusui bisa berasal dari carb dengan indeks glikemik yang rendah, seperti nasi merah, nasi hitam, ubi, oat atau whole wheat. Sementara protein kualitas baik, Bunda bisa memilih wild fish dibandingkan farm fish atau ayam kampung dibandingkan ayam negeri.

Sedangkan, pilih lemak yang baik dapat berasal dari olive oil, alpukat, atau kacang-kacangan. Jangan lupa untuk menambahkan sayur dan buah dalam menu makan ya.

"Niscaya dengan asupan yang baik si bayi tidak akan kekurangan nutrisi, dan sang ibu dapat perlahan perlahan balik ke berat badan sebelum hamil," ungkap Cissie.

Lalu bagaimana degan porsi makan yang tepat selama menyusui? Baca halaman berikutnya.

Simak juga penyebab Bunda pasca melahirkan sulit menurunkan berat badan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PORSI MAKAN BUNDA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!