sign up SIGN UP search

menyusui

Tips Diet Ibu Menyusui dari Dokter Cissie Nugraha, Jangan Salah Pilih Asupan Makanan

Annisa Karnesyia Senin, 11 Oct 2021 15:14 WIB
PORSI MAKAN BUNDA MENYUSUI
Ibu Menyusui caption

Porsi harus diperhatikan selama menyusui ya, Bunda. Terutama bila Bunda sedang menurunkan berat badan usai melahirkan.

Panduan porsi makan yang tepat bisa dilihat dalam pedoman 'Isi piringku' dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Umumnya, wanita tidak menyusui memiliki porsi 1/2 piring diisi dengan 2/3 makanan pokok (sumber katbohidrat) dan 1/3 nya lauk.

Sedangkan, 1/2 piring dapat diisi dengan 2/3 nya sayur dan 1/3 buah buahan. Pada Bunda menyusui, porsi dapat ditambahkan ya.


"Hanya bedanya, pada ibu menyusui memerlukan tambahan satu porsi makan lagi setiap harinya. Jadi, bukannya makan buat orang ya, Bun," kata Cissie.

Konsep diet saat menyusui perlu dipahami dengan benar, Bunda. Cissie menjelaskan bahwa hanya diri kita lah yang bisa diandalkan dalam menjalani diet sehat.

Jangan sampai salah kaprah dengan anggapan diet untuk menurunkan berat badan. Diet itu bukan berarti tidak makan sama sekali lho.

"Tubuh sehat itu adalah anugerah dan hanya diri kita sendiri yang bisa kita andalkan agar bisa menjalankan hidup yang berkualitas," ujar Cissie.

"Jangan beranggapan diet itu berarti tidak makan. Justru harus makan, namun konsumsi makanan yang baik."

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!