sign up SIGN UP search


menyusui

Ini 4 Alasan Bayi ASI Sulit BAB, Jangan Langsung Panik ya Bunda

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 31 Dec 2021 14:08 WIB
Bayi menangis caption

Jakarta - Sebagai orang tua baru, menghadapi kebiasaan baru bayi mungkin jadi hal yang sering bikin panik bertubi-tubi. Enggak cuma soal menyusui tetapi juga sampai ke urusan bayi ASI sulit BAB

Secara umum, memang patokan BAB lancar menjadi tanda bahwa tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Sementara itu, ketika bayi tak kunjung BAB tentu mendatangkan kekhawatiran tersendiri ya, Bunda.

Menurut Jennifer Shu, MD, seorang dokter anak di Atlanta bahwa saat bayi BAB secara teratur mungkin menjadi tanda bahwa mereka mengambil cukup zat dari makanan dan membuang sisanya, seperti dikutip dari laman Parents.


Ketika BAB tidak teratur, sebaiknya Bunda memang tidak langsung panik. Karena, biasanya bayi yang mengalami sembelit justru bayi yang mengonsumsi susu formula

"Jika bayi memiliki alergi atau intoleransi protein susu, mereka bisa mengalami sembelit. Formula berbasis susu dapat menyebabkan hal tersebut serta produk susu dalam makanan ibu yang melewati ASI," tambah Dr Shu.

Melansir Medical News Today, jika bayi mengalami kesulitan BAB, bisa jadi mereka mengalami sembelit. Sebagai orang tua baru, tentu Bunda biasanya langsung panik menghadapi kondisi ini. 

Banner Denah Rumah Minimalis 3 KamarBanner Denah Rumah Minimalis 3 Kamar/ Foto: HaiBunda/Mia

Tetapi, perlu Bunda ketahui bahwa sesungguhnya sembelit jarang terjadi pada masa bayi terutama bayi yang disusui. Meski demikian, ada juga bayi yang kerap mengalaminya. 

Biasanya nih, Bunda, bayi yang diberikan ASI cenderung mengalami lebih sedikit gangguan konstipasi dan diare daripada bayi yang diberikan sufor karena ASI lebih mudah dicerna daripada sufor.

Pada anak yang lebih besar, sembelit sering terjadi dan terjadi sekitar 3 persen dari kunjungan ke klinik rawat jalan anak dan hingga 25 persen dari kunjungan ke ahli gastroenterologi anak.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak video tentang 4 tanda bayi kenyang ASI di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



JANGAN LANGSUNG PANIK, KETAHUI 4 ALASAN BAYI TIDAK BAB
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!