sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tanda Produksi ASI Bunda Sedang Menurun, Tak Perlu Panik dan Segera Cari Solusinya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 18 Jun 2022 11:40 WIB
Mother and newborn baby boy are indoors in bedroom. Mother is breastfeeding her son while lying in bed. caption

ASI lancar menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Bunda menyusui. Sebaliknya, saat ASI bermasalah tentu saja kecemasan melanda. Yuk, cari tahu apa saja tanda ASI tak keluar sehingga bisa mengatasinya tanpa panik, Bunda.

Dalam proses menyusui, sedianya beragam masalah memang muncul ya, Bunda. Termasuk gangguan produksi ASI yang bikin Bunda menyusui panik. 

Hal ini memang normal terjadi kok, Bunda. Tidak saja ASI yang pasokannya menurun bahkan ada juga yang mengalami ASI tidak keluar sehingga kesulitan menyusui.


Menghadapi situasi ini mungkin tidaklah mudah ya,. Tetapi, Bunda sebaiknya tidak perlu panik karena Bunda tidak sendirian menghadapi masalah ini. Ada juga banyak busui di luar sana yang mengalami hal sama.

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni tetaplah tenang dan bersikap lembut pada diri sendiri. Percayalah bahwa kemungkinannya akan lebih banyak ASI mengalir dalam beberapa waktu minggu ke depan.

Banner Buah yang Bagus untuk Janin

Ada banyak alasan mengapa ASI tak kunjung keluar ya, Bunda. Biasanya hal ini bisa karena bayi lahir prematur, Bunda memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes, obesitas, dan lainnya. Kemudian, kelahiran caesar saat persalinan, dan sebagainya.

"Mengingat produksi ASI terkait dengan supply and demand, penting untuk memastikan bahwa Bunda sering merangsang payudara dan mengeluarkan ASI serta kolostrum sebanyak mungkin," ujar Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, seperti dikutip dari laman Healthline.

Memang ya, Bunda, menunggu ASI mengalir dengan banyak bisa sangat membuat frustrasi busui. Tetapi ketahuilah bahwa itu bukanlah hal yang mustahil diwujudkan ya, Bunda.

Dengan sering dan konsisten merangsang payudara, baik dengan pompa payudara atau secara manual, serta menawarkan bayi untuk menyusu, tentunya akan melindungi suplai ASI serta mendorong volume ASI meningkat cepat.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 penyebab produksi ASI menurun.

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA ASI TAK KELUAR, APA SAJA YA, BUNDA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!