sign up SIGN UP search


menyusui

Serba-serbi tentang Benjolan Areola di Payudara Ibu Menyusui

Annisa A   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 13:40 WIB
Ilustrasi menyusui usai melahirkan caption
Jakarta -

Menyusui menjadi momen berharga di kehidupan seorang Bunda. Meski begitu, Bunda mungkin tak luput dari perubahan bentuk tubuh. Termasuk munculnya benjolan di payudara.

Benjolan pada payudara ketika Bunda menyusui merupakan hal yang wajar. Biasanya, benjolan akan terjadi pada areola, area melingkar berwarna gelap di sekitar puting payudara.

Payudara setiap wanita memiliki bentuk unik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak ada ukuran pasti untuk areola. Sangat wajar apabila areola berubah ukuran seiring siklus kehidupan wanita.


Salah satu faktor yang membuat areola sering berubah adalah hormon. Banyak wanita mengalami pembesaran ukuran areola menjelang kehamilan bayi. Warna areola juga tampak lebih menggelap.

Banner Obat Alami Atasi Payudara Sakit

Perubahan ini dapat berlanjut setelah Bunda melahirkan. Biasanya, hal ini terjadi akibat saluran air susu ibu (ASI) yang tersumbat.

"Saluran susu yang tersumbat adalah masalah umum menyusui, tetapi biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari," kata perawat bersertifikat, Donna Murray, melansir dari Very Well Family.

Selain itu, benjolan pada areola payudara juga disebabkan oleh perubahan pada kelenjar Montgomery yang terdapat di areola.

Menurut National Health Services, kelenjar Montgomery berfungsi menghasilkan cairan berminyak yang membantu menjaga puting tetap lembab dan terlindungi. Fungsi ini akan diaktifkan selama Bunda menyusui, untuk melindungi puting dari bakteri.

Cara mengatasi benjolan aerola payudara

Untuk mengatasi benjolan yang timbul pada areola saat menyusui, Bunda bisa melakukan sejumlah cara untuk mengatasinya. Melansir dari Medicinenet, berikut ini tips perawatan areola payudara saat menyusui:

  1. Cuci tangan setiap kali akan menyentuh payudara.
  2. Jangan mengobati benjolan areola dengan obat jerawat.
  3. Hindari sabun dengan formula keras. Penggunaan sabun ini dapat menghapus lapisan pelindung yang dikeluarkan oleh kelenjar Montgomery.
  4. Gunakan bra khusus menyusui yang tidak terlalu ketat namun juga tidak longgar.
  5. Apabila Bunda memakai breast pad, jangan lupa ganti ketika sudah mulai basah.
  6. Oleskan sedikit ASI pada areola payudara, diamkan hingga mengering.

Benjolan pada areola payudara ketika menyusui sebenarnya merupakan hal yang wajar. Meski begitu, Bunda harus memperhatikan disebabkan oleh hal lain. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video tentang 5 manfaat sawi hijau untuk Bunda yang menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



BENJOLAN YANG PATUT DICURIGAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!