sign up SIGN UP search


menyusui

Selain Cerdas, Bayi yang Minum ASI Kelak Cenderung Berpenghasilan Tinggi Lho

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 29 May 2022 14:24 WIB
Happy toddler boy with glasses playing in a big chair caption

Jakarta - ASI menjadi satu-satunya nutrisi lengkap yang memenuhi semua kebutuhan bayi. Tak mengherankan jika kandungan ASI tak hanya menyehatkan, tetapi juga bikin bayi cerdas lho, Bunda.

Ya, banyak bukti memang bahwa menyusui membuat bayi lebih cerdas. Bayi yang disusui setidaknya selama satu tahun tumbuh menjadi bayi yang jauh lebih cerdas saat dewasa. Bahkan, ada satu penelitian yang membuktikan bayi yang diberi ASI kelak lebih mampu bekerja menghasilkan lebih banyak uang. 

Temuan ini sesuai dengan banyaknya penelitian lain yang menunjukkan menyusui membantu otak berkembang lebih baik. Tetapi, penelitian ini dilakukan dengan cara yang tidak biasa, yakni dengan memantau orang-orang sejak lahir hingga mereka berusia 30 tahun untuk melihat bagaimana mereka dalam kehidupannya.


Diketahui, bayi yang disusui lebih baik daripada bayi yang disusui selama satu bulan atau kurang, para peneliti melaporkan dalam The Journal Lancet Global Health. Mereka mendapatkan skor lebih baik pada tes kecerdasan sebagai orang dewasa dan mereka juga mendapatkan lebih banyak nilai rata-rata.

Banner 5 Buah yang Baik untuk Pertumbuhan Janin

Dr Bernardo Lessa Horta dari The Federal University of Pelotas di Brazil mengatakan, "Studi kami memberikan bukti pertama tentang efek menyusui dalam jangka panjang. ASI tidak hanya meningkatkan kecerdasan hingga setidaknya usia 30 tahun, tetapi juga berdampak baik pada tingkat individu dan masyarakat dengan meningkatkan pencapaian pendidikan dan kemampuan menghasilkan."

Dikutip dari laman Today, tim tersebut telah mengikuti hampir 6.000 orang yang lahir di Pelotas, Brasil pada 1982. Ini dianggap sebagai penelitian yang baik karena itulah yang disebut prospektif - informasi tentang segala macam hal mulai dari menyusui hingga berapa banyak bayi yang ditimbang saat lahir dikumpulkan pada saat itu. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga yuk video tentang 6 makanan yang mampu tingkatkan kecerdasan bayi, busui wajib tahu nih.

[Gambas:Video Haibunda]



BENARKAH KANDUNGAN ASI BIKIN BAYI CERDAS?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!