sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi ASI Tiba-tiba Menolak Disusui, Ketahui yuk Penyebab dan Cara Mengatasinya

Khesedtov Bana   |   Haibunda Jumat, 10 Jun 2022 15:02 WIB
PENYEBAB BAYI MENOLAK DISUSUI
Mother calming her crying baby girl caption

Sakit perut juga bisa menjadi salah satyu alasan si kecil menolak disusui. Sangat normal bila bayi alami penumpukan gas, biasanya bayi akan menunggu untuk kentut. Pada waktu tersebut, mereka akan menolak disusui.

Usia 4 bulan atau lebih, bayi seakan menolak disusui lantaran terdistraksi pada sekelilingnya. Selain itu, bisa saja merasa kelelahan lantaran tidak mendapatkan tidur malam yang cukup.

Ketika gigi si kecil sedang tumbuh, rasa tidak nyaman pada mulutnya bisa diobati dengan menyusui. Namun, akan ada waktu dimana si kecil tidak ingin ada apapun di dalam mulutnya sehingga menolak disusui.


Mogok menyusui, bayi akan menolak diberi susu selama beberapa hari, bahkan bisa juga lebih. Hal ini bisa diakibatkan oleh si kecil yang sedang sakit, atau Bunda yang sedang alami stress. Menawarkan susu saat anak mulai lebih tenang atau sedang setengah mengantuk dapat menjadi solusi yang bisa Bunda coba.

Bunda juga bisa mencoba beberapa cara lain, seperti merubah posisi bayi saat menyusui, menenangkan bayi sebelum diberi ASI. Jika tidak kunjung mereda, Bunda bisa segera bicarakan dengan profesional terkait pencernaan si kecil, atau masalah lain yang membuat Bunda ragu.

Bunda juga bisa mencoba kembali ke dasar, yaitu bonding dengan melakukan skin-to-skin, istirahat, dan relaks bersama si kecil.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!