sign up SIGN UP search


menyusui

Tak hanya Lezat, 4 Ragam Olahan Kedelai Ini Juga Efektif Jadi ASI Booster

Indah Dwi Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 20 Jun 2022 11:30 WIB
soy products with soybean, soymilk and tofu on wooden background caption
Jakarta -

Kedelai banyak dipercaya sebagai booster ASI yang efektif. Berbagai olahan kedelai untuk booster ASI pun bisa dijadikan referensi asupan harian ya, Bunda. Yuk, simak apa saja variasinya, Bunda.

Makanan berbahan dasar kedelai bukan saja nikmat tetapi juga menyehatkan dan efektif sebagai booster ASI bagi busui. Apalagi kedelai juga merupakan sumber protein dan serat nabati yang sangat baik. Kedelai juga rendah lemak jenuh dan dapat memberikan cara yang lebih ekonomis untuk makan makanan seimbang, ujar Amy K. Fischer, RDN, seorang ahli diet, seperti dikutip dari laman Gh.

"Kedelai merupakan protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial dan merupakan sumber yang kaya vitamin B, serat, kalium, dan magnesium," ujarnya.


Selain itu, kedelai juga menyediakan banyak vitamin dan mineral penting untuk mengurangi risiko penyakit kronis, dan serat yang membantu Bunda merasa kenyang serta puas.

Dalam memilih jenis kedelai untuk dikonsumsi tentunya bentuk makanan utuh selalu lebih baik ya, Bunda. Di luaran sendiri, memang banyak artikel mengenai risiko makan kedelai didasarkan pada makan produk yang terbuat dari isolat protein kedelai.

Isolat protein kedelai merupakan protein telah diisolasi dari kedelai dan tidak memiliki manfaat yang sama dengan kedelai yang tidak diproses atau kedelai utuh. Selama pemrosesan, vitamin dan mineral berharga hilang. Selain itu, hal-hal yang tak diinginkan di tubuh seperti bahan kimia berpotensi masuk.

Banner Cara Membuat Infused WaterCara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

Nah, untuk itu, Bunda menyusui perlu selektif memilih variasi menu olahan kedelai agar tetap aman selama menyusui baik untuk Bunda dan juga Si Kecil. Berikut ini beberapa ragam olahan kedelai untuk booster ASI, seperti dikutip dari laman Teratale:

1. Kari kedelai

Kari kedelai baik untuk ibu menyusui. Selain lezat, menu ini juga padat gizi ya, Bunda. Untuk membuatnya, ikuti cara berikut ya, Bunda:

-Rendam 1 cup potongan kedelai dalam 4 gelas air selama 2 jam. Bilas dan peras untuk menghilangkan air yang tersisa.
-Masukkan kedelai dalam panci dan tambahkan satu sendok minyak, satu inci kayu manis, setengah sendok teh lada hitam, satu daun salam, dan satu sendok teh biji jinten, lalu tumis. Saat jintan sudah mulai harum, tambahkan 1/2 cangkir bawang putih cincang, 1/2 cangkir bawang bombay cincang, dan 1 paprika hijau cincang.
- Tambahkan 2 tomat cincang halus, 1 sdt bubuk ketumbar, 1/2 sdt kunyit bubuk, 1 sdt bubuk cabai merah, dan 1/2 sdt garam.
- Tambahkan kedelai dan 1/2 gelas air. Panaskan sampai mendidih dan tuang ke dalam panci presto. Masak dengan api sedang.

2. Nasi biryani kedelai

Untuk membuat resep ini, Bunda dapat mencuci beras dan kedelai terlebih dahulu. Rendam dalam mangkuk terpisah ya, Bunda. Rendam selama 15 menit dan Bunda dapat memotong sayuran sambil menunggu rendaman beras dan kedelai.

Kemudian, siapkan panci yang sudah dipanaskan di atas kompor. Masukkan bahan ke dalam panci dan berikan biji adas sampai berubah warna. Tambahkan jahe, bawang putih, daun kari, cabai hijau, bawang merah, dan tumis sampai bawang berwarna kecokelatan.

Setelah tomat ditumis, tambahkan 1 sdt garam serta tambahkan semua sayuran lalu tumis sebentar. Kemudian, siapkan wajan dan tumis bumbu halus. Masukkan garam, cabai merah bubuk, kunyit bubuk, dan ketumbar serta jinten. Aduk rata dan tambahkan 2 sdt daun ketumbar (cincang) dan daun mint. Peras airnya lalu tambahkan potongan kedelai ke dalamnya. Terakhir, tambahkan sedikit air dan nasi.

Saat nasi matang, tutup panci dan masak hingga matang. Buka tutupnya dan siapkan dalam wadah saji.

Intip ragam olahan lainnya di halaman selanjutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang resep susu kacang almond sebagai ASI booster untuk busui:

[Gambas:Video Haibunda]



SALAD DAN SUP KEDELAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!