sign up SIGN UP search


menyusui

6 Cara Efektif Redakan Rasa Mual saat Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 14 Jul 2022 10:45 WIB
Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home. caption
Jakarta -

Menyusui mungkin terlihat mudah. Tetapi tahukah, selama menyusui mungkin Bunda akan menemui banyak tantangan. Termasuk munculnya rasa mual saat menyusui.

Menurut Konsultan Laktasi dari Mount Sinai Hospital di Toronto, Susan Guest, rasa mual saat menyusui bukan gejala umum, tetapi beberapa wanita mengalami mual dengan refleks let down.

"Ini terkait dengan pelepasan hormon oksitosin yang juga merangsang usus untuk mengeluarkan sekresi lambung dan berpotensi menyebabkan mual," ujarnya seperti dikutip dari laman Todaysparent.


Biasanya, rasa mual sering terjadi selama beberapa minggu pertama menyusui ketika Bunda sangat lelah dan mungkin lupa minum cukup cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Sayangnya, semua hal tersebut justru dapat memperburuk sakit pada perut.

Selain pelepasan oksitosin, rasa mual saat menyusui juga bisa disebabkan hal lainnya, termasuk kelelahan dan kelaparan. Amanda Ogden, IBCLC, seorang Director of Lactation Servicers & Education di The Mama'hood menjelaskan bahwa kelelahan atau kelaparan dapat menyebabkan busui merasa mual saat menyusui.

Camilan buah bisa redakan mual

Ketika masalah ini muncul, Bunda bisa makan camilan sehat untuk dikonsumsi sehingga mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

Untuk itu, Bunda dapat menyediakan beragam camilan yang dapat meredakan rasa mual. Misalnya saja dengan mengonsumsi buah segar yang tidak saja menyehatkan tetapi juga meredakan rasa mual ibu menyusui yang mungkin muncul tiba-tiba.

Tak hanya itu, Bunda juga dapat menjadikan buah sebagai minuman segar. Misalnya, Bunda mengolah buah-buahan kesukaan Bunda menjadi segelas jus segar yang bisa dinikmati kapan pun. Tentunya hal ini menjadi solusi ringan yang bisa membantu meredakan gangguan mual ibu menyusui.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang manfaat menyusui lebih dari 2 tahun

[Gambas:Video Haibunda]



MENGAPA MUNCUL RASA MUAL SAAT MENYUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!