sign up SIGN UP search


menyusui

9 Tanda ASI Bunda Lancar Jaya, Termasuk Badan Terasa Ringan

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 27 Oct 2022 07:10 WIB
Ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Bagi sebagian Bunda, mungkin akan merasa cemas pada saat menyusui untuk pertama kalinya, seperti memikirkan apakah proses menyusui akan berjalan lancar atau tidak, apakah ASI Bunda cukup untuk Si Kecil, dan sebagainya.

Supaya Bunda tak terlalu merasa khawatir, dilansir laman Todaysparent, terdapat beberapa tanda-tanda produksi ASI Bunda lancar jaya dan cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Simak yuk.

Tanda-tanda produksi ASI lancar

1. Si Kecil sering menyusu

Si Kecil yang baru lahir akan menyusu delapan hingga dua belas kali dalam waktu 24 jam dan menghisap payudara secara aktif setidaknya selama sepuluh menit. Si Kecil yang baru lahir ini juga akan menyusu lebih sering.


2. Bunda mengganti banyak popok

Jumlah popok basah akan meningkat setiap hari, selama beberapa bulan pertama Si Kecil juga akan buang air besar beberapa kali sehari dengan konsistensi berubah dari meconium yang gelap dan lengket dalam 48 jam pertama menjadi kumuh, longgar dan kuning keemasan.

3. Bibir Si Kecil melebar seperti bebek

Bibir Si Kecil akan melebar ke luar seperti bebek dan tidak terselip di bawah. Puting dan areola Bunda harus berada di dalam mulut Si Kecil. Lidahnya juga akan berada di atas gusi bawahnya untuk melindungi puting.

4. Isapan bayi memiliki ritme

Rahang Si Kecil akan bergerak saat mengisap, telinganya pun akan bergoyang. Kemudian, dagunya mungkin akan terlihat seperti berhenti atau Bunda mungkin mendengar suara yang lembut saat Si Kecil menelan susu.

5. Bunda merasakan sensasi kesemutan 

Bunda akan merasakan sensasi kesemutan atau nyeri ringan pada payudara atau puting. Rasanya akan bervariasi pada setiap Bunda, terkadang terjadi selama beberapa menit atau detik dalam sesi menyusui.

6. Tangan Si Kecil bergerak-gerak

Saat Si Kecil pertama kali menyusui, dia mungkin akan merentangkan tangan dan jari-jarinya ataupun mengepalkan tangan. Hal tersebut merupakan tanda bahwa Si Kecil sedang berkonsentrasi mengisap.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih lanjut tentang tanda-tanda ASI berjalan dengan lancar.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips mengatur jadwal pumping agar ASI lancar.

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA-TANDA ASI BUNDA LANCAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!