sign up SIGN UP search


menyusui

Apakah ASI di Dalam Payudara BIsa Basi? Simak Faktanya Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 07:10 WIB
closeup woman hands self breast examination hand checking her breast cancer sign Apakah ASI Bisa Basi di Dalam Payudara? Simak Faktanya Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Para ibu menyusui tentu memahami bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk pertumbuhan Si Kecil. Untuk itu, sebagai pejuang ASI, Bunda tentu akan mengerahkan upaya sebaik mungkin agar dapat memberikan susu berkualitas untuk bayi.

Cara memberikan ASI pun bisa dilakukan dengan menyusui langsung atau direct breastfeeding (DBF) atau melalui ASI perah. Untuk Bunda yang melakukan pumping tentu akan berusaha memastikan ASIP selalu dalam kualitas yang bagus dan memastikan susu dalam kondisi yang segar.

Sebab, bisa saja ASIP tersebut basi karena dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan. Lalu bagaimana dengan ASI di dalam payudara, apakah susu ibu tersebut bisa basi bila lama tidak diisap bayi?


Apakah ASI dalam payudara bisa basi?

Mungkin sebagian Bunda mempertanyakan hal tersebut, apalagi jika jadwal menyusui sudah tidak seaktif sebelumnya atau sudah lama tidak bisa menyusui. Perlu Bunda ketahui, jika tubuh sudah memproduksi susu, tidak ada yang bisa menyebabkanya rusak atau basi.

Melansir laman Doctor.ndtv, ASI tidak membusuk di dalam payudara, tetapi jika payudara tidak sering dikosongkan, ASI menjadi lebih sedikit.

“ASI adalah organisme hidup, tidak seperti susu sapi pasteurisasi yang kami beli di toko. Komponen hidup dalam ASI terus berubah berdasarkan kebutuhan bayi Anda dan mikrobioma orang tua yang menyusui,” kata Heather ONeal, bidan perawat bersertifikat dan konsultan laktasi di West Virginia dikutip dalam Romper.

Sifat dinamis tersebut berfungsi untuk melindungi ASI dan mengoptimalkan kesehatan Si Kecil yang mengonsumsi ASI. Bakteri baik dalam ASI akan bekerja menghilangkan bakteri jahat di dalam payudara maupun di luar payudara dalam bentuk ASI yang dipompa.

Faktanya, ASI yang baru dipompa bisa bertahan pada suhu kamar selama enam hingga delapan jam lho Bunda. Mungkin, alasan lain mengapa Bunda terkadang merasa khawatir perihal kesegaran ASI adalah mereka melihat adanya pemisahan di beberapa titik jika telah memompa ASI.

Bunda tidak perlu cemas karena seiring bertambahnya usia Si Kecil dan waktu menyusui semakin lama, akan ada pemisahan komponen ASI di dalam payudara. Ini seperti susu yang tidak dipasteurisasi yang disimpan di lemari es.

Klik halaman berikut untuk tahu lebih lanjut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 cara menyimpan ASI perah yang benar.

[Gambas:Video Haibunda]



WAKTU KETAHANAN ASI PERAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!