sign up SIGN UP search

menyusui

7 Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui, Bikin Bayi Cerdas dan Gemuk

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Sabtu, 10 Dec 2022 10:20 WIB
healthy fresh mixed fruits on white wooden table caption
Jakarta -

Buah yang baik untuk ibu menyusui agar bayi cerdas dan gemuk sangatlah beragam ya, Bunda. Yuk cari tahu apa saja buahnya agar Bunda dapat menjadikannya sebagai asupan harian yang menyehatkan.

Sebagai ibu baru, sering kali muncul kekhawatiran apakah ASI akan cukup memenuhi kebutuhan bayi atau tidak. Hal ini wajar saja ya, Bunda, karena saat menyusui langsung, Bunda tidak mengetahui seberapa banyak bayi menyedot ASI Bunda. 

Menghadapi kondisi tersebut memang bukan hal yang mudah ya, Bunda. Tetapi, sebaiknya Bunda tidak perlu khawatir karena selama bayi menyusu banyak, payudara juga akan memproduksi ASI sebanyak yang bayi butuhkan, Bunda.


Buah yang baik untuk ibu menyusui

Hal terbaik yang bisa Bunda lakukan yakni mempersiapkan nutrisi harian guna menjaga pasokan ASI tetap lancar dan memberikan apa yang mereka butuhkan. Tidak saja menambah berat badannya tetapi juga membuat mereka cerdas.

"Memastikan Bunda mengonsumsi makanan yang seimbang merupakan kuncinya. Penting diperhatikan bahwa jika sedang menyusui, Bunda juga perlu mengonsumsi kalori ekstra. Sebagian besar diet dimasukkan antara 1.600 hingga 2.000 kalori, tetapi busui harus berusaha makan makanan tambahan antara 350 hingga 500 kalori sehari guna memberikan apa yang dibutuhkan bayi dan juga memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda," kata Sue Hudson, CNM, seperti dikutip dari laman Cleveandclinic.

Berikut ini beberapa buah yang dapat Bunda jadikan makanan harian guna mendukung kecerdasan dan juga bobot bayi sesuai dengan tahapan usianya ya, Bunda:

1. Ubi jalar

Ubi merupakan pilihan makanan yang bagus untuk meningkatkan suplai ASI karena ubi merupakan karbohidrat yang sempurna untuk mengisi kembali potasium dan hal-hal penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

2. Aprikot

Buah kecil ini berdampak besar. Penuh serat, vitamin, flavonoid, dan potasium. Makan aprikot membantu memperkuat pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan mendukung tekanan darah yang sehat. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 buah yang ampuh lancarkan ASI.

[Gambas:Video Haibunda]



BUAH YANG BAIK UNTUK IBU MENYUSUI AGAR BAYI CERDAS DAN GEMUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!