sign up SIGN UP search

menyusui

Ingin Beri ASI dengan Botol di Malam Hari agar Busui Tak Begadang, Simak Untung Ruginya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 09 Jan 2023 16:19 WIB
Baby and bottle in focus caption
Jakarta -

Beri ASI dengan botol dot bayi tentunya meringankan busui agar tak begadang. Lantas, kalau di malam hari, apakah hal tersebut boleh dilakukan ya, Bunda?

Menyusui di malam hari memang jadi tantangan tersendiri karena berbagai kendala banyak dirasakan. Selain mengantuk, busui mungkin sudah sangat lelah sehingga tak bisa maksimal menyusui layaknya di siang hari.

Hal ini wajar saja sebenarnya ya, Bunda. Tetapi, sebaiknya Bunda jangan menyerah. Sebab, sekitar 20 persen dari keseluruhan asupan ASI bayi berasal dari pemberian ASI di larut malam yang melelahkan. Juga, kadar prolaktin yang lebih tinggi di malam hari dan menyusui juga memanfaatkan hormon pembuat susu untuk meningkatkan suplai ASI.


Beri ASI dengan dot botol dot bayi di malam hari

Dalam semalam, kadar prolaktin (hormon yang dirancang untuk mendukung produksi ASI) berada pada titik tertinggi. Jadi, ketika bayi sering menyusu di malam hari, pesan ke tubuh untuk meningkatkan suplai ASI semakin kuat.

ASI di malam hari juga tinggi asam amino triptofan yang pada gilirannya membantu bayi membuat melatonin yang digunakan tubuh untuk mengembangkan ritme sirkadiannya dan membuat mereka tidur lebih nyenyak, seperti dikutip dari laman La Leche.

Perlu Bunda tahu juga bahwa bayi memiliki perut yang kecil. Karena itu, mereka perlu menyusu lebih sering. Hal penting yang perlu diingat saat menyusui di malam hari ialah setiap minggu akan semakin mudah untuk menetapkan rutinitas ini.

Jika Bunda bekerja di luar rumah, bayi mungkin menyusu dari ASI perah yang Bunda simpan di freezer. Tetapi, saat Bunda ada di rumah, mereka mungkin ingin sering menyusu saat bersama dengan Bundanya meski tidak sebanyak saat Bunda bekerja. Meski demikian, momen ini dapat melindungi suplai ASI Bunda meski bisa membuat Bunda lelah selama hari kerja, seperti dikatakan Michelle Roth, BA, IBCLC.

Tak ditampik, menyusui di malam hari sangatlah menantang terutama dalam melawan rasa kantuk. Akan tetapi, Bunda juga perlu tahu bahwa menyusui di malam hari memberikan manfaat yang sama dengan menyusui di siang hari dengan beberapa bonus tambahan, seperti dikutip dari laman Momlovesbest.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 trik menyusui di malam hari tanpa drama.

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH BERI ASI DENGAN BOTOL DOT BAYI PADA MALAM HARI AGAR BUSUI TAK BEGADANG?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!