sign up SIGN UP search

menyusui

Penyebab ASI Perah Bau, Apakah Masih Boleh Diberikan ke Bayi?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 15 Jan 2023 07:50 WIB
ASI Perah Ilustrasi ASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Penyebab ASI perah bau sering kali tak diketahui ibu menyusui. Lantas, apakah ASI perah bau masih boleh diberikan ke bayi ya, Bunda?

Menemukan ASI perah bau yang dipompa dengan penuh perjuangan di tengah deretan aktivitas rasanya kecewa bukan main ya, Bunda. Ingin segera membuang ASI karena tak layak konsumsi, tapi rasanya tidak tega. Tetapi, ingin memberikannya pada bayi, khawatir terjadi apa-apa pada mereka. 

Tidak mengapa jika Bunda mengalami hal ini karena sangatlah wajar ASI perah bau. Seperti diketahui bahwa sebagian ibu menyusui lainnya juga menemukan ASI perah bau dan bahkan terasa tidak enak setelah didinginkan atau dicairkan. Padahal, mereka telah mengikuti panduan memerah ASI dan menyimpan ASI dengan benar. 


Penyebab ASI perah bau

Berbagai penyebab ASI perah bau memang dapat menjadi pemicunya ya, Bunda. Selain karena proses pemompaan dan penyimpanan ASI yang kurang baik, penyebab lain ASI perah bau diasumsikan karena lipase. 

Lipase merupakan enzim penting yang ditemukan dalam ASI. Lipase memecah lemak susu menjadi partikel kecil yang mudah dicerna bayi. Meskipun tidak pernah terbukti, diperkirakan tingkat lipase yang tinggi dapat menjelaskan mengapa ASI beberapa ibu mulai berbau tidak sedap meski sudah didinginkan atau dibekukan, seperti dikutip dari laman Babygooroo.

Pengujian laboratorium merupakan satu-satunya cara untuk mengonfirmasi tingkat lipase dalam ASI. Untuk menghindari biaya tambahan, beberapa ibu hanya menguji susunya di rumah dengan menempatkan sedikit susu perah di meja dapur pada suhu kamar dan di lemari es atau freezer kemudian memeriksanya secara berkala untuk mengetahui perubahan rasa atau bau. Berapa lama ASI dapat disimpan sebelum mulai berbau bervariasi dari jam ke hari hingga minggu.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 durasi penyimpanan ASI perah:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB ASI PERAH BAU, APAKAH MASIH BOLEH DIBERIKAN KE BAYI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!