sign up SIGN UP search

menyusui

Apakah Produksi ASI Berkurang saat Puasa? Ini Fakta dan Cara Menyusui Lancar

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 04 Mar 2023 07:50 WIB
Ilustrasi Muslim caption
Jakarta -

Menyusui saat puasa disebut bisa memengaruhi produksi ASI atau membuat suplainya berkurang. Lalu benarkah produksi ASI dapat berkurang saat puasa?

Menurut penelitian dalam Journal of Endocrinology, puasa ternyata tidak memiliki efek nyata pada produksi ASI atau komposisi zat gizi makro, Bunda. Artinya, puasa tidak berpengaruh pada volume, konsentrasi glukosa (laktosa), dan kandungan lemak total dari ASI.

"Saat Bunda menyusui menjalankan puasa Ramadan, akan terjadi adaptasi metabolik pada tubuh, dan peningkatan kebutuhan glukosa ASI dipenuhi dari peningkatan produksi glukosa dari pemecahan glikogen (simpanan glukosa) atau dari penggunaan asam lemak," kata Ahli Gizi dan Dosen Program Studi Gizi Universitas Esa Unggul Jakarta, Nadiyah S.Gz, M.Si, C.Ht, CSRS, kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Penelitian juga menunjukkan, puasa tidak akan berdampak buruk pada pertumbuhan bayi yang diberi ASI eksklusif. Pertumbuhan yang dimaksud ini berupa berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala.

Temuan ini merupakan hasil dari salah satu studi kohort yang dilakukan selama Ramadan dan lima bulan setelah Ramadan. Studi ini meneliti 116 bayi ASI eksklusif, sehat, dan berusia 5 hari sampai 6 bulan di Iran.

"Hasilnya menunjukkan bahwa pertumbuhan bayi (berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala) meningkat serta tidak ada perbedaan antara kelompok Bunda yang berpuasa dan tidak berpuasa," ujar Nadiyah.

Meskipun penelitian lain menunjukkan adanya penurunan protein, natrium, kalium, kalsium, dan fosfat pada ASI puasa, pada prinsipnya kandungan zat gizi khususnya vitamin dan mineral pada ASI bergantung pada keberagaman dan kecukupan asupan gizi Bunda sendiri.

Cara menyusui lancar selama Ramadan

Menjalankan ibadah puasa saat menyusui tidak dilarang dalam Islam. Tapi, Bunda juga dapat memiliki tidak puasa bila kondisi tubuh tidak fit.

"Hal penting yang perlu diperhatikan ibu menyusui saat berpuasa adalah tidak hanya kondisi tubuh sendiri, tetapi juga kondisi Si Kecil, dan bagaimana produksi ASI Bunda tetap terpenuhi," ujar Sekretaris Program Studi S1 Kebidanan Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Nuli Nuryanti, S.ST., M.Keb., kepada HaiBunda.

Sesuai dalam surat Al-Baqarah ayat 184, ibu menyusui masuk dalam kelompok yang mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadan dan menggantinya dengan membayar fidyah.

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗوَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya:

(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin.

Jika memang memutuskan puasa di bulan Ramadan sambil terus menyusui, maka Bunda perlu mempersiapkan dengan matang. Apa saja yang perlu disiapkan dan diperhatikan?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda ingin membeli produk kesehatan dan kebutuhan ibu menyusui lainnya? Langsung aja yuk, Bun klik di sini.

Simak juga ketentuan bayar fidyah untuk ibu hamil dan menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MENYUSUI LANCAR SELAMA PUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!