mom-life

Mau Kurus Saat Lebaran? Intip Tips Diet Sehat Selama Ramadhan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 12 May 2019 14:00 WIB
Mau Kurus Saat Lebaran? Intip Tips Diet Sehat Selama Ramadhan
Jakarta - Selain menambah ibadah, puasa Ramadhan juga sering dimanfaatkan orang-orang untuk menurunkan berat badan. Bunda juga termasuk salah satunya?

Boleh kok, Bun, tapi syaratnya tetap harus menjaga asupan dengan makanan seimbang dan bergizi ya. Melansir Dailysabah, salah satu yang bisa dipraktikkan saat berpuasa ialah makan dalam porsi kecil.


Selain itu, sebaiknya Bunda jangan pernah melewatkan sahur atau hanya memulai berpuasa dengan minum air putih saja tanpa makan apa pun. Hal itu penting untuk menjaga tubuh tetap sehat selama sebulan penuh berpuasa.


Tidak makan sahur hanya akan meningkatkan rasa lapar selama hampir 12 - 18 jam. Imbasnya, kadar gula darah dalam tubuh terus berkurang.

Untuk itu, pada jam sahur sebaiknya Bunda menikmati makanan ringan seperti susu, telur, mentimun, sayuran hijau, dan roti gandum. Atau, Bunda juga bisa memilih makanan seperti sup, sayuran, atau hidangan dengan minyak zaitun.

Penuhi asupan vitamin serta mineral agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Caranya bisa dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Serta, hindari makanan yang terlalu berminyak, asin, dan bertepung.

Mau Kurus Saat Lebaran? Intip Tips Diet Sehat Selama RamadhanDiet sehat saat puasa/ Foto: iStock

Sedangkan saat berbuka puasa, pilih makanan yang penuh gizi seperti keju, tomat, atau semangkuk sup. Setelah mengambil jeda 15 menit, lanjutkan makan dengan mengonsumsi hidangan rendah lemak, sayuran, dan salad. Pastikan pula Bunda memilih makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah secara seimbang seperti roti gandum atau pasta.

Menurut seorang ahli gizi Sonya Islam, MPH, RD, puasa Ramadhan merupakan latihan mental seperti halnya latihan fisik. Untuk itu, penting bagi siapapun yang menjalankannya untuk mempersiapkan pikiran dan tubuh secara fit serta menyesuaikan diri dengan ritme berpuasa, termasuk didalamnya memilih asupan dengan tepat.

"Salah satu hal terpenting, tetaplah terhidrasi dengan minum cairan beberapa kali sepanjang malam bahkan jika Bunda tidak merasa terlalu haus sekalipun. Tetapi, jangan berlebihan minum pada satu waktu karena dapat melarutkan elektrolit tubuh serta dapat berpotensi fatal atau disebut keracunan air," sarannya dikutip dari Health Cornell.

Mengonsumsi makanan variatif juga menjadi kunci penting agar tubuh tetap fit. Sonya menyarankan untuk makan makanan bervariasi di malam hari seperti sayuran, buah, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan lainnya.


Bunda juga perlu memerhatikan porsi makan saat berbuka dan sebaiknya tidak makan berlebihan. Makanlah dengan penuh perhatian dan makan ketika rasa lapar benar-benar dirasakan.

Selamat mencoba, Bun!

Imbangi juga dengan olahraga yang tidak membuat lemas saat puasa seperti dalam video di bawah ini yuk!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi