moms-life

7 Manfaat Fenugreek untuk Kesehatan Keluarga Bunda

Melly Febrida Sabtu, 24 Aug 2019 08:10 WIB
7 Manfaat Fenugreek untuk Kesehatan Keluarga Bunda
Jakarta - Banyak yang bilang fenugreek bagus untuk produksi Air Susu Ibu (ASI). Tapi, ada manfaat lain fenugreek untuk kesehehatan. Misalnya saja untuk mengobati masalah pencernaan, bisul, hingga libido.

Zara Risoldi Cochrane, PharmD, MS, FASCP, Director Center for Drug Information & Evidence-Based Practice School of Pharmacy and Health Professions, mengatakan memang belum cukup bukti yang konklusif sepenuhnya untuk mendukung penggunaan fenugreek dalam tujuan medis apapun.

"Namun, orang telah menggunakan fenugreek dalam berbagai bentuk selama ratusan bahkan ribuan tahun untuk mengobati berbagai kondisi," kata Cochrane mengutip Medical News Today.


Misalnya saja manfaat fenugreek untuk masalah pencernaan seperti sembelit, hilangnya nafsu makan, dan gastritis. Kemudian rendahnya testosteron atau libido, tekanan darah tinggi, radang sendi, nyeri otot, migrain, maupun masalah pernapasan.

Namun, kata Cochrane, ada beberapa manfaat fenugreek untuk kesehatan yang didukung oleh bukti ilmiah:

1. Kurangi risiko diabetes

Cochrane mengatakan, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan setidaknya empat senyawa dalam fenugreek memiliki sifat antidiabetes. Senyawa ini mengurangi penyerapan glukosa usus, menunda pengosongan lambung
meningkatkan sensitivitas dan aksi insulin, lalu mengurangi konsentrasi protein pengikat lipid.

Mengutip Mind and Body Green, bubuk fenugreek juga dapat membantu mencegah lonjakan gula darah ketika dimasukkan ke dalam makanan yang dipanggang. Sebuah penelitian kecil menemukan roti yang mengandung 5 persen bubuk fenugreek lebih efektif dalam mengurangi resistensi insulin di antara pasien diabetes dibanding roti gandum biasa.

Penelitian tambahan menunjukkan minum teh fenugreek lebih efektif dalam menyeimbangkan gula darah dan menurunkan kolesterol ketimbang mengonsumsi biji yang dimasukkan ke dalam makanan.

2. Tingkatkan produksi dan aliran ASI

"Fenugreek bisa membantu merangsang produksi ASI dan memperlancar alirannya. Praktisi pengobatan tradisional Asia telah lama merekomendasikan fenugreek untuk tujuan ini," kata Cochrane.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2014, 25 wanita yang baru melahirkan meminum tiga cangkir teh fenugreek setiap hari selama 2 minggu dan terlihat peningkatan volume ASI pada minggu-minggu pertama.

Namun, melansir Breastfeedingsupport, beberapa wanita menemukan fenugreek tidak membuat perbedaan pada pasokan ASI-nya dan beberapa wanita lain mengaku ASI-nya justru berkurang.

ilustrasi fenugreekilustrasi fenugreek/ Foto: iStock
3. Bantu penurunan berat badan

Fenugreek juga bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Cara ini tentu dapat membantu mengurangi makan berlebih dan menyebabkan penurunan berat badan.

Dalam sebuah studi tahun 2015, sembilan wanita obesitas minum teh adas, fenugreek, atau plasebo sebelum makan siang. Mereka yang minum teh fenugreek melaporkan merasa kurang lapar dan lebih kenyang.

"Karena kandungan seratnya, bubuk ekstrak serat fenugreek juga dapat menyebabkan perasaan kenyang," kata Cochrane.

4. Tingkatkan testosteron dan jumlah sperma

"Fenugreek dapat membantu meningkatkan kadar testosteron dan sperma yang rendah. Dalam sebuah penelitian tahun 2017, 50 relawan pria mengonsumsi ekstrak biji fenugreek selama 12 minggu. Sekitar 85 persen partisipan mengalami peningkatan jumlah sperma. Hasilnya juga menunjukkan bahwa ekstrak fenugreek secara konsisten meningkatkan kewaspadaan mental, suasana hati, dan libido," papar Cochrane.



5. Kurangi peradangan

Tingkat antioksidan dalam fenugreek yang substansial memberikannya potensi besar sebagai agen anti-inflamasi. Hasil studi tahun 2012 pada tikus menunjukkan bahwa kandungan flavonoid antioksidan yang tinggi dalam biji fenugreek dapat mengurangi peradangan.

6. Mengurangi risiko gangguan jantung dan

Fenugreek bisa membantu mengatur kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah, yang dapat mengurangi risiko gangguan jantung. Ini mungkin karena biji fenugreek mengandung sekitar 48 persen serat makanan.

7. Pereda sakit

Fenugreek sudah lama digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dalam sistem pengobatan tradisional. Para peneliti berpikir senyawa yang disebut alkaloid dalam ramuan membantu memblokir reseptor sensorik yang memungkinkan otak untuk merasakan rasa sakit.

Dalam sebuah studi tahun 2014, 51 wanita dengan nyeri haid parah minum kapsul bubuk biji fenugreek tiga kali sehari selama 3 hari pertama haid, selama 2 bulan berturut-turut. Mereka melaporkan durasi nyeri haidnya lebih pendek.

Bunda, simak juga perlengkapan wajib ibu menyusui di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi