moms-life

Diet Makan Kenyang, Ampuh Turunkan Berat Badan dalam 3 Minggu

Annisa Karnesyia Jumat, 11 Oct 2019 07:01 WIB
Diet Makan Kenyang, Ampuh Turunkan Berat Badan dalam 3 Minggu
Jakarta - Banyak cara bisa Bunda lakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga dan menjaga pola makan. Tapi pernah terpikir enggak, Bun? Cara mudah menurunkan berat badan cuma dengan makan kenyang.

Dr. Michael Mosley, penulis buku The Fast Diet, merekomendasikan diet yang bisa menurunkan berat badan selama tiga minggu dengan makan kenyang. Syaratnya, Bunda harus serius ya.

"Jalankan rencana ini dan Anda bisa menurunkan berat badan dalam 3 minggu," kata Mosley, dikutip Daily Express.


Berikut 3 langkah diet menurut Mosley. Bisa Bunda coba ya.

Langkah Pertama: Pilih Makanan

1. Cairan

Banyak dari kita mengalami dehidrasi tanpa sadar bisa berisiko pada kesehatan. Ketika tidak cukup cairan, tubuh akan lamban, lesu, dan akan merasa haus serta lapar.

"Minum banyak air bisa membantu kita kenyang lebih lama, jadi pastikan tetap terhidrasi," kata Mosley.

2. Lemak

Banyak jenis makanan yang beredar menawarkan makanan 'diet' yang mengandung rendah gula yang bisa menurunkan risiko obesitas. Namun, beberapa justru menjadi penyebab kenaikan berat badan karena mengekang nafsu makan dan memperlambat laju pengosongan perut.

"Untuk kenyang lebih lama, pilihlah makanan seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan dan produk-produk susu berlemak," ujar Mosley.

3. Serat

Semakin banyak konsumsi serat, semakin bahagia usus kita. Serat dapat membantu pembentukan mikrobioma di usus dan meningkatkan bahan kimia untuk membuat suasana hati lebih baik.

Serat juga menginduksi pelepasan bahan kimia yang disebut 'PPY' untuk mengurang nafsu makan. Agar terasa kenyang lebih lama, banyak makan sayuran segar (terutama sayuran hijau), biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Ilustrasi diet sehatIlustrasi diet sehat/ Foto: iStock

Langkah Kedua: Makan banyak protein waktu sarapan

Mengonsumsi banyak protein dikenal bisa membantu diet, terutama dikonsumsi pada menu makan pertama. Untuk melihat apakah protein bisa membantu, studi yang dilakukan di Amerika tahun 2014 menjelaskan, bagi mereka yang mengonsumsi protein tinggi di menu sarapan akan meningkatkan dopamin sehingga tidak lapar di waktu makan siang.

Makan protein pertama kali sebelum memulai aktivitas bisa membuat kita tidak lapar. Dengan meningkatkan dopamin, otak bereaksi lebih lemah dengan makanan berkalori tinggi.

"Ini tentu saja tidak berarti kita harus sarapan pagi. Bagi banyak orang, 'sarapan' tengah hari juga bisa membantu memperpanjang rasa kenyang," kata Mosley.

Langkah Ketiga: Menghindari makanan tertentu

Makanan yang salah bisa membuat kita semakin lapar, misalnya junk food. Makanan ini seperti perangkap yang dirancang untuk membuat berat badan bertambah.

Jika ingin merasa kenyang lebih lama, jauhi junk food. Saat bepergian, coba bawa bekal makan sendiri atau simpan persediaan makanan ringan berkalori tinggi di rumah.

"Untuk merasa kenyang lebih lama, pilih makanan yang tepat, terutama lemak danĀ serat yang baik, protein, makan lebih awal, dan hindari makanan yang salah," pungkas Mosley.

Simak juga tips mengukur kelebihan berat badan di video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi