sign up SIGN UP search


moms-life

Kontroversi Aguti: Wanita Bersuami 3 & Tinggal di Rumah yang Sama

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 03 Nov 2019 11:39 WIB
Wanita bernama Aguti ini poliandri. Dia punya 3 suami dan semuanya tinggal di rumah yang sama. caption
Jakarta - Wanita 36 tahun asal Mukura, Uganda, bernama Ann Grace Aguti mempraktikkan poliandri, Bunda. Dia punya 3 suami dan semuanya tinggal serumah. Apa yang dilakukan Aguti menarik perhatian banyak orang. Terutama ayahnya, seorang pastor yang memobilisasi anggota klan di daerah tempat tinggalnya.

Menurut ayah Aguti, yang dilakukan putrinya enggak bisa diterima di komunitas mereka, Teso. Meski begitu, ketiga suami Aguti, Richard Alich, John Peter Oluka dan Michael Enyaku enggak masalah dengan apa yang dilakukan istrinya.

Mereka mengakui bahwa Aguti adalah kepala keluarga lalu mereka rukun ketika makan bersama. Malah, ketiga suami ini patuh banget, Bun, pada Aguti, termasuk untuk urusan ranjang mereka, Aguti yang mengaturnya. Untuk tempat tinggal, Aguti memberi suaminya masing-masing satu gubuk kecil tapi masih dalam satu rumah.


Aguti rupanya sudah mencari banyak pria untuk dijadikan suaminya. Tapi, beberapa ditolak karena tidak disiplin. Salah satu suami, Alich adalah pensiunan polisi dengan 10 anak. Sementara Oluka atau Abaafu adalah petani yang cukup kaya di desa tersebut.

Sedangkan, Enyaku adalah lulusan sarjana yang punya rumah di daerah yang sama dengan Aguti. Alich mengatakan perkenalannya dengan Aguti berawal dari sebuah insiden.

"Saat itu sepeda Aguti rusak dan saya memperbaikinya. Siapa sangka, dari situlah cinta kami bersemi," kata Alich kepada Sunday Vision.

Sementara itu, suami Aguti lainnya, Oluka yang satu desa dengan Aguti bilang dirinya tahu Aguti punya beberapa suami. Dia pun bercanda Aguti siapa tahu mau mengambilnya sebagai suami. Tak disangka, mereka pun menikah. Oluka juga memastikan bahwa mereka hidup harmonis.

Kontroversi Aguti: Wanita Bersuami 3 & Tinggal di Rumah yang SamaKontroversi Aguti: Wanita Bersuami 3 & Tinggal di Rumah yang Sama/ Foto: Istock
Nah, Enyaku yakin dirinya adalah suami pertama di antara 3 suami Aguti dan bisa jadi yang terfavorit. Kini, Aguti yang sudah punya 3 anak sedang hamil 6 bulan. Enyaku pun yakin anak yang dikandung Aguti adalah anaknya. Sehari-hari, Aguti berdagang.

"Saya menikah sebelum ada aturan pernikahan di klan saya. Saya menginginkan suami yang lembut dan pengertian. Ketika dengan suami sebelumnya, saya tak mendapatkan itu sehingga saya pikir lebih baik berpisah karena saya enggak akan berhenti mencari seseorang yang spesial," papar Aguti.

Dikutip dari detikcom, poliandri adalah salah satu praktik pernikahan yang mana seorang perempuan memiliki lebih dari 1 suami. Poliandri lebih sering menimbulkan masalah mengenai status anak dan pernikahannya. Risiko yang mungkin timbul akibat praktik poliandri antara lain.

1. Kurangnya kepastian mengenai keturunan yang dihasilkan.
Ketidaktahuan menentukan ayah biologis dari anak yang dilahirkan sangat tinggi akibat bentuk pernikahan poliandri. Hal ini bisa memicu atau membuat masalah dalam kehidupan rumah tangganya.

2. Menurunkan angka kelahiran dan juga jumlah orangtua.
Karena hanya satu perempuan yang terlibat dalam beberapa pernikahan, maka jumlah anak yang dihasilkan dalam sebuah pernikahan akan sedikit.

3. Tingkat kegagalan pada bentuk pernikahan ini lebih tinggi, karenanya pasangan yang melakukan poliandri sangat rentan mengalami perceraian atau juga perselingkuhan.

Satu lagi, wanita yang menuai kontroversi. Gitaris band heavy metal ini memutuskan hijrah dan bercadar. Simak kisah selengkapnya di sini.

Bunda, simak juga kiat Enno Lerian menjaga pernikahan kedua tetap langgeng, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi