sign up SIGN UP search


moms-life

5 Bahan Organik Ini Cocok Buat Media Tanam Tanaman Hias

Vauri Audia Selasa, 06 Apr 2021 20:08 WIB
Close photo of the plant Aphelandra Squarrosa. The photo was taken from the top. The plant is in the flowerpot. caption

Jakarta - Bagi Bunda yang memiliki hobi berkebun atau menyukai tanaman, media tanam menjadi elemen penting untuk menunjang kehidupan tanaman. Syarat umum media tanam yang baik adalah harus mampu menjaga kelembapan di sekitar akar tanaman, serta menyediakan cukup udara dan unsur hara.

Salah satu jenis media tanam yang baik untuk tanaman adalah yang termasuk dalam kategori bahan organik. Media tanam bahan organik umumnya berasal dari komponen organisme hidup, seperti daun, batang, bunga, buah, atau kulit kayu.

Penggunaan bahan organik sebagai media tanam dinilai jauh lebih unggul dibandingkan bahan anorganik. Hal itu dikarenakan, bahan organik mampu menyediakan unsur-unsur hara bagi tanaman.


Banner Mantan Artis FTV Jadi Pengasuh

Selain itu, juga memiliki pori-pori makro dan mikro yang hampir seimbang, sehingga sirkulasi udara yang dihasilkan cukup baik serta memiliki daya serap air yang tinggi.

Nah, bila Bunda akan menanam tanaman hias, simak rekomendasi media tanam organik berikut, dirangkum dari sumber buku Mengenal Ruang Lingkup Tanaman Hias.

1. Arang

Arang berasal dari kayu atau batok kelapa. Media tanam ini memiliki keunikan, yaitu sifatnya yang buffer (penyangga), sehingga bila terjadi kekeliruan dalam pemberian unsur hara yang terkandung di dalam pupuk bisa segera dinetralisir dan diadaptasikan.

Selain itu, media ini juga tidak mudah lapuk, sehingga sulit ditumbuhi jamur atau cendawan yang dapat merugikan tanaman. Namun, media arang cenderung miskin akan unsur hara. Oleh karena itu, di dalam media tanam ini perlu disuplai unsur hara berupa aplikasi pemupukan.

Sebelum digunakan sebagai media tanam, terlebih dahulu arang bisa Bunda pecah menjadi potongan-potongan kecil. Sehingga memudahkan dalam penempatan di dalam pot sesuai ukuran wadah yang digunakan untuk menanam.

2. Batang Pakis

Berdasarkan warnanya, batang pakis dibedakan menjadi 2, yaitu batang pakis hitam dan batang pakis coklat. Dari kedua jenis tersebut, batang pakis hitam lebih umum digunakan sebagai media tanam.

Batang pakis hitam berasal dari tanaman pakis yang sudah tua sehingga lebih kering. Selain itu, batang pakis ini pun mudah dibentuk menjadi potongan kecil dan dikenal sebagai cacahan pakis.

Selain dalam bentuk cacahan, batang pakis juga banyak dijual sebagai media tanam siap pakai dalam bentuk lempengan persegi empat. Umumnya, bentuk lempengan pakis digunakan sebagai media tanam anggrek. Kelemahan dari lempengan batang pakis ini adalah sering dihuni oleh semut atau binatang-binatang kecil lainnya.

Karakteristik yang menjadi keunggulan media batang pakis lebih dikarenakan sifat-sifatnya yang mudah mengikat air, memiliki aerasi dan drainase yang baik, serta bertekstur lunak sehingga mudah ditembus oleh akar tanaman.

Untuk tips tanaman hias lainnya, klik halaman berikutnya, Bunda!

Simak juga video tanaman hias aglaonema:

[Gambas:Video Haibunda]



PILIHAN BAHAN ORGANIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi