sign up SIGN UP search


moms-life

Hukum Memotong Rambut Saat Kurban Idul Adha

Annisa Afani   |   Haibunda Selasa, 13 Jul 2021 11:29 WIB
Closeup portrait of young attractive muslim female in hijab typing phone caption
Jakarta -

Tahun ini, umat Muslim merayakan Idul Adha 2021 pada Selasa, 20 Juli, Bunda. Artinya Lebaran Kurban akan tiba dalam hitungan jari.

Dalam menyambut hari besar ini, ada beberapa hikmah dan keutamaan bagi umat Muslim. Diantaranya dengan berpuasa, kurban, dan lakukan sunah lainnya seperti tak memotong rambut.

Jika dilakukan maka akan mendapat ganjaran dari Allah SWT, Bunda. Hal ini pun pernah diriwayatkan oleh Abu Hurairah Rasulullah Shalallaahu 'Alayhi Wasallam bersabda. Dalam hadisnya, disebutkan bahwa:


"Barangsiapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat salat kami."

"Jadi, barang siapa yang mendapatkan kelapangan rezeki, tapi dia tidak berkurban, tidak usah salat Idul Adha karena menolak untuk berkurban dalam keadaan rezekinya dilapangkan oleh Allah SWT," tuturnya, dikutip dari YouTube Baitul Maal Hidayatullah.

Banner Penyebab Janin Tidak Berkembang

Nah bagi Bunda yang niat berkurban pada Idul Adha kali ini, ada beberapa hal yang harus dipahami. Misalnya, seperti hukum memotong rambut bagi yang berkurban.

Seperti yang dikutip dari beberapa sumber, beberapa ulama memiliki pandangan berbeda terkait syarat sah untuk berkurban, terlebih soal memotong atau mencukur rambut.

Menurut Buya Yahya sendiri, memotong kuku dan rambut berguna agar kita menyerupai orang yang sedang berhaji di Tanah Suci Mekkah, Bunda.

"Imam Syafi'i mengatakan hukumnya sunah memotong kuku sama rambut. Ini agar kita menyerupai layaknya orang haji," katanya di kanal YouTube TV Al-Bahjah.

Namun bagi kita yang berkurban di Indonesia, menurutnya, tidak dilarang memotong kuku dan rambut, Bunda. "Silakan potong kuku dan rambut. Tidak apa-apa selagi Anda bukan yang sedang berhaji dan umrah," ujarnya.

Simak informasi selengkapnya di halaman berikut.

Tonton juga tips bunda Seleb ajarkan makna berkurban pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

HADIS DARI AISYAH RA RIWAYAT BUKHARI MUSLIM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!