sign up SIGN UP search


moms-life

10 Makanan Peningkat Libido: Cokelat Hitam hingga Pisang

Kinan Selasa, 20 Jul 2021 21:55 WIB
Libido memegang peranan penting agar hubungan seks bisa dilakukan lebih intim. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan libido? caption

Libido alias gairah seks wanita dapat berfluktuasi, kadang tinggi dan sebaliknya. Selain dipengaruhi faktor kondisi kesehatan, gaya hidup dan pola makan diyakini juga turut ambil peran.

Ya, pola makan yang buruk dapat menyebabkan ketidakpuasan dalam kehidupan seks, termasuk dapat memengaruhi rendahnya libido.

Keseimbangan vitamin dan mineral yang cukup dapat membuat sistem endokrin tetap sehat, yang pada gilirannya mengatur produksi hormon estrogen dan testosteron. 


Dikutip dari Woman's Day, keseimbangan kedua hormon ini sangat penting untuk menjaga libido dan performa seksual lho, Bunda.

"Kehidupan seks yang aktif sangat penting untuk kesejahteraan. Nah, makanan yang dikonsumsi sehari-hari pun memainkan peran besar dalam menjaga mood dan kestabilan hormon," ujar pakar naturopati sekaligus penulis 'Make Happy Happen', Cammi Balleck, PhD.

Resep Baik Selama Pandemi

Daftar makanan yang dapat meningkatkan libido

Nah, agar libido dan performa seks tetap terjaga, perhatikan lagi pola makan sehari-hari ya, Bunda. Meski studinya masih sangat terbatas, beberapa makanan ini dipercaya dapat meningkatkan libido:

1. apel

Dilansir Healthline, apel menjadi salah satu pilihan makanan yang disebut-sebut dapat meningkatkan libido wanita. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi apel setiap hari memiliki kualitas kehidupan seks yang lebih baik.

Namun demikian, penelitian ini hanya menunjukkan korelasi antara konsumsi apel dan kesehatan seksual. Masih diperlukan studi lanjutan untuk memastikan apakah apel secara langsung memengaruhi fungsi seksual.

2. cokelat hitam

Cokelat hitam sudah lama dikenal menjadi salah satu afrodisiak alias makanan yang dapat meningkatkan libido. Selain itu, rasa manis khas dari cokelat hitam juga membantu meningkatkan efek rileks dan meminimalkan stres.

3. pisang

Beberapa pakar percaya bahwa pisang dapat meningkatkan libido, meskipun bukti ilmiah yang mendukung teori ini belum banyak. Pisang sendiri merupakan buah sumber potasium, yang membantu proses sintesis testosteron.

Testosteron biasanya dikenal sebagai 'hormon pria', tetapi wanita juga memiliki testosteron, lho. Kadar testosteron yang rendah juga dapat memengaruhi libido secara negatif.

4. Seledri

Dikutip dari Times of India, seledri merupakan salah satu makanan yang dipercaya meningkatkan libido atau rangsangan seksual. Sayuran ini pun baik dikonsumsi secara berkala agar libido tetap terjaga. 

5. alpukat

Alpukat mengandung asam folat tinggi, yang membantu proses metabolisme protein sehingga memberi Bunda lebih banyak energi.

Buah legit ini juga mengandung vitamin B6 dan potasium, yang dapat mengatur kinerja kelenjar tiroid pada wanita. Kedua komponen ini pun membantu meningkatkan libido dan menunjang gairah seks wanita.

Apa lagi ya pilihan makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan gairah seks? Simak daftar lengkap di halaman selanjutnya!

KACANG ALMOND HINGGA BLUEBERRY DAPAT MENINGKATKAN LIBIDO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi