sign up SIGN UP search


moms-life

Mengenal Perineum Sunning, Tren 'Menjemur' Vagina yang Diklaim Tingkatkan Libido

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 04 Sep 2021 21:55 WIB
Sandy toes and feet of two women relaxing on chaise lounge chairs while enjoying a tranquil beach vacation. Idyllic Tropical beach resort scene of two women sunbathing caption

Pernah mendengar tentang tren 'menjemur' vagina, Bunda? Tren ini dikenal juga dengan sebutan perineum sunning. Sempat merebak beberapa waktu lalu, diklaim ini dapat meningkatkan energi dan libido.

Menurut dokter kulit, Tanya Kormeili, MD, perineum berada di antara tulang kemaluan dan rongga dubur. "Lebih tepatnya, ini adalah ruang antara anus dan vulva pada wanita," ujarnya, seperti dikutip dari Healthline.

Perineum memiliki peran penting, salah satunya menjadi tempat pembuluh darah dan saraf area organ intim. 


Pada tren 'menjemur' vagina yang sempat merebak, tekniknya dilakukan dengan berbaring telentang dengan kaki diangkat terentang lebar. Ada pula yang melakukannya dengan posisi tengkurap atau membungkuk, sehingga sinar matahari bisa langsung mengarah ke perineum. 

Klaim manfaat dari tren 'menjemur' vagina

Dalam tren ini, diklaim manfaat utamanya yakni meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Dipercaya paparan vitamin D dari sinar matahari dapat memberikan aliran energi, sehingga tubuh akan terasa lebih sehat. 

Efek positifnya termasuk membuat tidur lebih nyenyak, mudah konsentrasi, dan peningkatan kreativitas. Selain itu, ada yang mengatakan bahwa tren 'menjemur' vagina membantu mengatur fungsi hormon pada organ intim, sehingga gairah seks pun turut meningkat. 

Penelitian tentang tren 'menjemur' vagina

Apakah ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim manfaat tren 'menjemur' vagina? Jawabannya, tidak ada sama sekali. 

Tubuh memang mengolah vitamin D dari sinar matahari, yang kemudian diperlukan oleh tubuh untuk berbagai hal. Termasuk penguatan tulang, gigi, serta mendukung sistem imun. Tetapi sebenarnya manfaat ini tetap bisa didapatkan tanpa perlu melakukan perineum sunning tersebut.

Dokter kulit, Susan Bard, MD, mengatakan efek seperti peningkatan energi dan kualitas tidur merupakan manfaat dari paparan sinar matahari yang singkat, di mana pun lokasinya. "Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori manfaat paparan pada perineum secara spesifik,” imbuh Bard.

Bagaimana tentang keamanan dari tren 'menjemur' vagina ini ya, Bunda? Yuk simak informasi lengkap di halaman selanjutnya!

[Gambas:Video Haibunda]



APAKAH TREN MENJEMUR VAGINA AMAN DILAKUKAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!