sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Usir Debu pada Daun Tanaman Hias di Dalam Rumah

Juan Satya Kamis, 09 Sep 2021 07:12 WIB
Portrait of beautiful Southeast Asian woman watering monstera tree at her apartment in the city, Bangkok Thailand caption
Jakarta -

Bunda penyuka tanaman hias? Sama seperti hewan peliharaan nih, yang namanya tanaman hias juga butuh perawatan. Sekalipun lebih simpel seperti membersihkan debu pada daun itu juga penting, lho!

Bicara soal membersihkan debu pada daun tanaman hias, langkah ini merupakan salah satu perawatan simpel yang bisa Bunda lakukan. Walaupun tugas ini mungkin membosankan, tapi penting bagi daun untuk mengoptimalkan fungsinya dalam berfotosintesis.

Ya, tanpa disadari adanya lapisan debu pada dedaunan tanaman hias akan dapat menghalangi sinar matahari dan mengurangi kemampuan tanaman untuk berfotosintesis, Bunda.


Sayang kan, Bunda, sudah beli tanaman hias mahal-mahal, malah penyakitan dan tidak segar. Nah, langkah terbaik untuk menentukan apakah tanaman hias perlu dibersihkan adalah dengan menggosokkan jari Bunda pada daunnya.

Apabila Bunda dapat merasakan atau melihat lebih banyak debu pada daun, berarti ini saatnya untuk membersihkan. Jadi jangan tunggu sampai kelihatan banget debunya oleh mata kita ya, Bun!

Banner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di JakartaBanner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di Jakarta/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Membersihkan daun tanaman hias memang terlihat sepele, tapi Bunda juga jangan membersihkannya dengan sembarangan. Ini karena ada beberapa daun tanaman hias yang dapat dicuci dengan teknik semprot, namun ada juga yang hanya dapat dibersihkan dengan cara diseka.

Supaya tepat dalam membersihkan dan daunnya tetap sehat, simak yuk, lima tipsĀ membersihkan daun pada tanaman hias indoor seperti yang dikutip dari The Spruce berikut ini:

1. Pakai nosel atau selang

Tips pertama untuk membersihkan daun pada tanaman hias yaitu Bunda bisa memindahkan tanaman ke wastafel dapur atau pancuran dahulu. Setelahnya, Bunda bisa menyiramnya dengan selang atau nosel penyemprot.

Apabila Bunda punya tanaman hias berukuran sedang hingga besar di dalam rumah, cara ini cocok untuk diaplikasikan, lho. Mengingat tanaman yang besar lebih mampu menyerap air.

Perlu diingat, saat membersihkan, Bunda harus menjaga tekanan air tetap rendah dan jangan lupa uji air sebelum disemprot untuk memastikan airnya suam-suam kuku, ya.

Jika Bunda ragu. Bunda bisa melakukan pengujian terlebih dahulu. Ini karena air yang panas dan dingin dapat melukai daun tanaman, Bunda. Setelahnya, Bunda juga dapat menyangga daun atau batang daun tanaman hias supaya aman saat menyemprot dengan air.

Simak juga video soal tanaman hias yang usir nyamuk:

[Gambas:Video Haibunda]



PAKAI BOTOL SEMPROT & DICELUPKAN KE AIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!