sign up SIGN UP search


moms-life

Bule Belgia yang Dinikahi 'Sopir Angkot' Cerita 5 Kebiasaan Aneh Orang Indonesia

Annisa A Kamis, 09 Sep 2021 13:16 WIB
SOAL KULINER DAN SOPAN SANTUN
Liz dan El caption

4. Tidak boleh panggil kamu ke orang lebih tua

Sejak tinggal di Indonesia, Liz berusaha menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan sopan kepada siapa saja. Bule cantik itu pun selalu memakai kata 'Aku' dan 'Kamu' ketika berbicara.

Namun ternyata, ia baru tahu bahwa kata tersebut tidak bisa digunakan ke siapa saja. Penggunaan kata 'Kamu' ke orang yang lebih tua justru dinilai tidak sopan.

"Saya di Kalimantan pernah bicara seperti itu ke bapak-bapak, tapi untung saya diajarkan kalau itu tidak sopan. Harus bilang bapak, mas, abang, atau kakak, bukan kamu," kata Liz.


Hingga saat ini Liz masih terus membiasakan diri untuk menggunakan kata panggilan pengganti untuk orang yang lebih tua. Pasalnya, di Belgia tidak ada panggilan khusus untuk orang lebih tua.

Orang Belgia terbiasa memanggil lawan bicara dengan kata 'You'. Tak hanya itu, memanggil nama ke orang yang lebih tua juga merupakan hal yang biasa.

"Itu saya belajar tapi susah sekali. Sampai hari ini masih sering keceplosan. Karena di Belgia kan pakai 'You' ke siapa saja. Bahkan kita bisa panggil nama," ucapnya.

5. Orang Indonesia suka makan di luar

Kebiasaan ini merupakan hal yang dianggap Liz sangat menyenangkan. Sebab, ia tidak bisa sering membeli makan di luar jika tinggal di Belgia.

"Orang Indonesia beli makanan yang sudah jadi, itu enak karena tidak perlu masak. Banyak penjual pandai bikin makanan yang ingin kita makan. Makan di luar di Belgia tidak sanggup karena mahal sekali," ujar Liz.

Liz bercerita, biaya makan di Belgia sangat mahal jika membelinya di luar rumah. Dalam sebulan, ia bisa menghabiskan Rp40 juta hanya untuk membeli makanan.

Oleh karena itu, orang Belgia harus terbiasa memasak sendiri di rumah untuk menghemat biaya makan. Namun Liz sangat menikmati makanan Indonesia yang dijual dengan sangat murah di luar rumah.

"Saya paling suka nasi kuning, nasi uduk, tempe orek, itu tiga favorit saya. Saya juga suka martabak manis," ungkapnya.

(anm/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!