sign up SIGN UP search


moms-life

Rachel Vennya Disebut Mangkir dari Karantina, Seharusnya Ini Peraturan yang Diikuti

Mutiara Putri Minggu, 10 Oct 2021 17:51 WIB
Rachel Vennya caption
Jakarta -

Kehidupan influencer sekaligus selebgram ternama, Rachel Vennya, selalu menarik perhatian publik, Bunda. Baru-baru ini, wanita yang akrab disapa Buna itu bahkan disebut-sebut telah melanggar protokol karantina.

Beberapa waktu lalu, Rachel Vennya dan influencer lainnya, diundang oleh sebuah brand fashion ke New York, Bunda. Sepulang dari New York, Rachel seharusnya melakukan protokol kesehatan berupa karantina di Wisma Atlet selama 8 hari. Namun, ia diduga kabur.

Mulanya, hal ini diumbar oleh pemilik akun Instagram bernama @cleverdid. Ia membubuhkan komentar dan mengatakan bahwa Rachel telah kabur dari wisma atlet setelah menjalankan masa karantina selama 3 hari.


Akun ini kemudian mengaku bahwa dirinya mengetahui hal ini karena ia yang memasukkan data Rachel saat berada di Wisma Atlet, Bunda. Ia juga mengatakan bahwa Rachel Vennya tidak terbuka tentang identitasnya.

"Karena gue yang input data dia di Wisma Atlet Pademangan. Demi Allah. Puas? Gue tanyain alamat di mana sok sok be**," tulis @cleverdid dilihat dari sebuah unggahan Twitter @mediocrikey.

Banner Wanita RI jadi Buruh di Swedia

Tak sampai sana, sang pemilik akun juga mengatakan bahwa Rachel sempat mem-posting saat dirinya sedang karantina, Bunda. Berselang dua menit, posting-an tersebut pun langsung dihapus.

"Gue juga ada bukti Rachel yang update story di kamar Wisma Atlet tapi setelah 2 menit langsung dihapus. Kenapa gue kesal sama dia? Karena dia dengan mudahnya lolos karantina sedangkan banyak TKW yang sudah berumur terpaksa karantina 8 hati," paparnya.

Sebelum sempat berada di Wisma Atlet, @cleverdid juga mengatakan bahwa Rachel sempat kabur saat tiba di bandara dari New York, Bunda. Saat ditanya, Rachel justru mengatakan bahwa dirinya memang ingin ke Wisma Atlet.

"Yakin dia karantina di hotel? Pertama dia kabur waktu di bandara pas disuruh karantina di hotel, eh keburu ketahuan sama petugas jadinya bilang gini 'kita emang mau karantina di Wisma Atlet kok'. Selang 3 hari gataunya sudah keluar bikin story lagi ngerayain ulang tahun," Jelas @cleverdid.

Melihat kasus Rachel Vennya ini, Bunda perlu tahu bahwa WNI yang datang ke RI dari luar negeri perlu memenuhi berbagai persyaratan, nih. Hal ini juga tertuang pada situs resmi Kementerian Luar Negeri, lho.

Dalam situs ini, dijelaskan bawah WNI yang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Indonesia untuk menetap minimal 14 hari di Indonesia, pelajar/mahasiswa yang kembali ke Indonesia setelah belajar di luar negeri, dan Pegawai Pemerintah yang kembali ke Indonesia setelah melakukan perjalanan dinas, wajib dikarantina.

"Karantina di Wisma Pademangan yang pelayanannya mencakup penginapan, transportasi, makan, dan pengamanan. Apabila Wisma Pademangan penuh maka tempat isolasi/karantina dilaksanakan di hotel bintang 2 (dua) dan bintang 3 (tiga) yang telah ditentukan dengan pelayanan setara Wisma Pademangan," tulis situs tersebut dalam Keputusan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2021 Bagi WNI yang datang dari luar negeri yang dikutip pada Minggu (10/10/2021).

Tak hanya itu, Bunda. WNI yang tidak masuk ke dalam kriteria yang sudah disebutkan sebelumnya, serta WNA yang termasuk diploma asing di luar kepala perwakilan asing dan keluarga kepala perwakilan asing, juga harus menjalankan karantina, lho.

"Karantina di tempat akomodasi karantina yang telah mendapatkan sertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina COVID-19 oleh Kementerian Kesehatan."

Lantas bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Bunda, lihat juga video WHO peringatkan varian Mu berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



WNA KRITERIA TERTENTU HARUS BAYAR BIAYA KARANTINA SECARA MANDIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!