sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Mencegah Penyakit Ginjal pada Penderita Diabetes, Perhatikan Hal Ini Bun

Annisa A   |   Haibunda Minggu, 23 Jan 2022 11:32 WIB
Ilustrasi wanita dirawat di rumah sakit caption
Jakarta -

Penyandang diabetes harus selalu memperhatikan tubuh mereka. Sebab, diabetes dapat menjadi jalan menuju penyakit tidak menular lainnya seperti gagal ginjal.

Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula di dalam darah. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada pankreas yang mengendalikan hormon insulin.

Tanpa insulin, gula akan sulit terserap dan diolah menjadi energi untuk sel-sel tubuh. Diabetes dapat berkembang dengan sangat cepat dan tidak disadari.


Tak sedikit penderita diabetes yang mengeluhkan masalah ginjal. Komplikasi bisa diperparah dengan adanya penyakit darah tinggi atau hipertensi.

"Penyebab utama gagal ginjal adalah hipertensi dan diabetes yang tidak terkontrol. Sebanyak 2 dari 3 pasien yang melakukan cuci darah, dua hal itulah yang menjadi penyebabnya," kata dr. Tunggul Situmorang, SpPD-KGH di webinar Kalbe Hari Diabetes Sedunia, Selasa (16/11/21).

Diabetes merupakan suatu kondisi yang tidak dapat disembuhkan, namun bisa dikontrol. Sayangnya, banyak penderita diabetes yang tidak menyadari bahwa penyakit mereka telah menyerang ginjal.

Banner pola makan rumahan

Bunda, berikut ini 5 hal yang harus dilakukan bagi para penyandang diabetes agar tak sebabkan komplikasi pada penyakit ginjal:

1. Kenali faktor risiko

Seseorang akan lebih mudah mengalami diabetes apabila punya riwayat keluarga dengan diabetes. Kondisi diabetes juga bisa diperparah dengan faktor risiko lainnya, Bunda.

Beberapa faktor risiko tersebut yaitu kelebihan berat badan atau obesitas, menderita tekanan darah tinggi, serta kurang melakukan aktivitas fisik.

"Diabetes dapat mengancam ginjal, apalagi bagi mereka yang berisiko tinggi seperti kegemukan, hidup santai, tidak pernah olahraga, ibu hamil yang melahirkan bayi berbobot besar, hingga yang memiliki keturunan orang tua," ujar Prof. DR. dr, Sidartawan Soegondo,Sp.PD-KEMD, FINASIM, FACE.

2. Deteksi dini diabetes

Penderita diabetes harus mengetahui jenis diabetes apa yang mereka alami. Tak semua diabetes bersifat permanen. Pada kasus diabetes gestasional, hal ini hanya terjadi ketika seorang wanita sedang mengandung.

Sedangkan bagi penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2, mereka harus lebih awas dalam menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Bahkan, seseorang yang masih mengalami pre diabetes dapat berisiko memburuk hingga akhirnya menjadi diabetes.

"Semua harus deteksi dini sejak ada faktor risiko. Apabila ketika screening ternyata dia pre diabetes (kadar gula 100-125), itu tolong diubah gaya hidupnya. kalau sudah seperti itu, cek 6 bulan sekali ke dokter," ucapnya.

Setelah mengenali faktor risiko, penderita diabetes juga sebaiknya melakukan deteksi dini. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video deteksi dini diabetes untuk Si Kecil.

[Gambas:Video Haibunda]

KONTROL INI BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!