sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Alokasi Uang THR untuk Dana Kurban Idul Adha, Cek Pengeluaran Dulu

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 13:50 WIB
Malaysian Girl wearing hijab, rejoicing her first salary and counting cash, woman money caption
Jakarta -

Saat bulan Ramadan tiba, hal yang paling dinantikan adalah pembagian uang Tunjangan Hari Raya (THR), Bunda. Setelah lama dibagikan, kira-kira uang THR Bunda masih tersisa atau sudah ludes, nih?

Kebutuhan setiap rumah tangga tentunya berbeda-beda. Karena itu, pembagian dan prioritas uang THR pun berbeda-beda, Bunda.

Banyak di antara Bunda mungkin yang lebih memilih mengalokasikan uang THR untuk membeli baju lebaran. Namun, ada juga Bunda yang lebih memilih membayarkan utang atau kewajiban tahunan terlebih dahulu daripada membeli perlengkapan Hari Raya.


Menurut seorang finansial planner, Rista Zwestika S.Sos. AWP. CFP, pembagian uang THR tidak bisa dilakukan dengan hitungan persentase. Pembagian THR baiknya menggunakan skala prioritas.

Banner cara menyimpan daun bawang

"Kalau kita bicara tentang THR, sudah nih bisa diplot-plot kan. Nah, tapi kita harus pakai skala prioritas dulu. Kita enggak pakai berapa persen, tapi kita pakai skala prioritas," katanya pada HaiBunda saat diwawancarai via telpon beberapa waktu lalu.

"Contoh misalnya yang pertama kita siapkan untuk kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri tadi. Ternyata bisa 40 atau hampir 50 persen (THR yang terpakai). Sedangkan kebutuhan dan tanggungan orang berbeda-beda," sambungnya kemudian.

Enggak hanya keperluan Hari Raya Idul Fitri, ternyata ada pula orang yang ingin mengalokasikan uang THR untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha mendatang, Bunda. Kira-kira, apa yang harus diperhatikan, ya?

Tips alokasi THR untuk kurban

Menurut Rista, ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum Bunda mengalokasikan seluruh uang THR untuk biaya kurban, nih. Kalau penasaran, berikut ini deretannya.

1. Apakah utang sudah lunas?

Ya, permasalahan utang memang tidak ada habisnya, Bunda. Terlebih kalau Bunda berutang dengan bank atau lintah darat yang memakai bunga tidak sedikit.

Keinginan dan niat untuk berkurban dengan menggunakan uang THR memang sesuatu yang mulia. Namun, Rista menyarankan agar Bunda melunasi utang terlebih dahulu.

"Kita harus punya skala prioritas biar enggak pusing. Taro lah kurban Rp2,5 juta. Tapi utang kita masih ada nih dengan harga yang sama. Nah, biar kita enggak pusing ada baiknya melunasi utang dulu. Bayar utang terlebih dahulu," papar Bunda satu anak ini.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, saksikan juga video beritahu Si Kecil, lebaran tak perlu baju baru berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS ALOKASI THR UNTUK KURBAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!