sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tips Masak Cepat untuk Makanan Sehari-hari, Cocok Buat Bunda Super Sibuk

Melly Febrida   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 09:20 WIB
Cara Memotong Buah dan Sayuran caption
Jakarta -

Jakarta - Saat sibuk, Bunda tentu ingin memasak yang simple dan praktis agar tidak menghabiskan banyak waktu di dapur. Untuk membuat masakan praktis pun, Bunda harus menyiapkan bahan-bahan yang gampang dicari dan diolah.

Namun, meskipun cepat memasaknya pastikan agar tetap sehat ya, Bunda. Sehingga kesehatan dan gizi keluarga tetap terjaga ke depannya.

Dikutip dari Eat This, peneliti dari University of Washington School of Public Health saja menemukan manfaat masakan rumahan. Dari penelitian tersebut ditemukan masakan rumahan ini lebih sehat dan biaya yang dikeluarkan juga tidak tinggi. Berbeda jika Bunda harus membeli makanan di luar.


Sedangkan masak rumahan yang cepat bisa dipersiapkan dengan beberapa makanan yang sudah disimpan di kulkas. Seperti misalnya menggunakan potongan ayam yang sudah dimasak, nasi yang bisa dipanaskan dengan microwave, atau brokoli beku yang bisa dikukus.

Dalam sekali memasak, Bunda setidaknya memerlukan waktu rata-rata 37 menit sehari. Jika Bunda bisa menggunakan waktu di dapur lebih efektif, makanan yang dihasilkan tidak hanya sehat tapi Bunda juga bisa menurunkan berat badan.

5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam/ Foto: Annisa Shofia/ HaiBunda

Beberapa trik memasak cepat ini bisa membantu Bunda yang super sibuk yang dirangkum dari berbagai sumber. Bahkan, jika Bunda kekurangan waktu bisa tetap menghasilkan makanan sehat:

1. Potong sekaligus

Seperti dikutip dari Readers Digest, untuk masak keesokan harinya siapkan pada malam harinya dengan memotong semua bahan yang diperlukan. Apabila dalam resep Bunda membutuhkan bawang putih cincang atau cabai cincang, lakukan malamnya. Kupas semua bahan dan potong sekaligus.

Simpan di dalam kulkas untuk siap dimasak pagi harinya.

2. Potong tipis sebelum dimasak

Bahan makanan yang besar dan tebal membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Bunda bisa menyiasatinya dengan memotong kecil atau iris tipis sehingga masaknya lebih cepat.

"Kalau saya memotong irisan daging ayam menjadi dua sehingga mereka memasak lebih cepat; potong sayuran sesuai selera," kata Mark Bittman, penulis buku How to Cook Everything Fast.

3. Persiapan makanan mingguan

Menyiapkan makanan setiap hari itu menghabiskan banyak waktu, namun Bunda bisa memasak untuk seminggu. Caranya, Bunda bisa membaginya menjadi dua sesi memasak. Ini bisa menghemat waktu dalam memasak maupun membersihkannya.

Trik masak cepat lainnya bisa klik halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk tips membuat abon untuk stok makanan di rumah dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAATKAN MAKANAN SISA YANG MASIH AMAN DIMAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!