sign up SIGN UP search


moms-life

Minum Teh Hijau untuk Diet, Ini Jenis & Waktu Minum yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 06:30 WIB
minuman sehat teh hijau, kopi hijau, matcha Foto: iStock

Mengonsumsi teh hijau untuk diet sudah menjadi salah satu cara populer dalam menurunkan berat badan. Melansir dari Healthline, disebutkan benar ada bukti substansial yang menghubungkan teh hijau dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh, Bunda.

Dalam sebuah studi di 2008, 60 orang dengan berat badan berlebih mengikuti diet standar selama 12 minggu sambil secara teratur minum teh hijau yang menjadi teh diet mereka.

Selama penelitian, peserta yang minum teh hijau untuk diet kehilangan berat badan 3,3 kg lebih banyak daripada yang tidak. 


Studi lain menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak teh hijau untuk diet selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan lingkar pinggang secara signifikan.

Banner Cara Membuat Infused Water

Ini mungkin karena ekstrak teh hijau mengandung katekin yang sangat tinggi. Katekin adalah antioksidan alami yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Bunda dan pembakaran lemak, Bunda.

Cara kerja teh hijau untuk diet dan menurunkan berat badan

1. Mengurangi rasa lapar

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di Clinical Nutrition, kandungan senyawa fenolik spesifik dan antioksidan dalam teh yang disebut katekin dapat membantu mengurangi produksi ghrelin, hormon pemberi sinyal rasa lapar. 

2. Meningkatkan pembakaran lemak

Sebuah tinjauan 2018 dalam jurnal Molecules mengonfirmasi bahwa polifenol dalam teh, khususnya teh hijau, dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Ini berkat kandungan kafein dan reaksi dalam mikrobioma usus yang memicu peningkatan pembakaran lemak.

3. Menurunkan tingkat stres

Teh hijau juga bisa membantu menekan stres stres dan meningkatkan relaksasi dalam tubuh. Secara tidak langsung, ini dapat membantu mengontrol berat badan karena stres bisa membuat berat badan meningkat, Bunda.

Kandungan L-theanine atau asam amino yang ditemukan dalam teh hijau dan teh hitam bisa membantu menurunkan tingkat stres. Hal ini dilaporkan dalam sebuah studi pada 2019 di Nutrients.

Waktu terbaik mengonsumsi teh hijau untuk diet

Mengutip dari Times of India, untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari teh hijau, penting untuk meminumnya pada waktu yang tepat.

Studi menunjukkan bahwa waktu terbaik minum teh hijau untuk diet di pagi hari dan sebelum berolahraga. Ganti secangkir kopi dengan teh hijau menjadi cara terbaik untuk memulai hari ya, Bunda.

Teh hijau mengandung sejumlah kafein dan L-theanine. Keduanya bersama-sama dapat membantu meningkatkan suasana hati dan konsentrasi Bunda. Waktu ini juga menjadi cara minum teh hijau untuk diet terbaik yang membantu membakar lemak.

Minum teh hijau untuk diet sebelum sesi latihan bisa membantu membakar lemak secara maksimal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan minum teh hijau untuk diet sebelum olahraga dapat meningkatkan proses pembakaran lemak.

Perlu diketahui juga bahwa Bunda tidak disarankan mengonsumsi teh hijau sebelum tidur dan segera setelah makan, ya.

Lanjut baca halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Opsi lebih sehat, ini dia 5 jenis makanan pengganti nasi untuk diet:

[Gambas:Video Haibunda]



JENIS TEH HIJAU UNTUK DIET DAN CARA MEMBUATNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!