sign up SIGN UP search


moms-life

Sering Berhubungan Intim Bikin Vagina Longgar, Mitos atau Fakta?

Arina Yulistara   |   Haibunda Rabu, 06 Jul 2022 22:50 WIB
BISAKAH VAGINA 'LONGGAR' JADI KENCANG?
beautiful happy girl with closed eyes practicing yoga in lotus position in bedroom in the morning caption

Vagina 'longgar' bisa kembali kencang, Bunda. Dalam kebanyakan kasus, kekuatan otot vagina kembali ditingkatkan atau kencang dengan latihan Kegel atau terapi fisik dasar panggul.

Bunda disarankan memilih cara-cara yang lebih alami atau rumahan saja untuk mengencangkan vagina. Mulailah dengan mengidentifikasi otot-otot dasar panggul.

Cara mengidentifikasi otot dasar panggul coba dengan berhenti seketika saat sedang buang air kecil, kemudian lanjutkan. Jika Bunda berhasil berarti telah mengidentifikasi otot yang tepat. 


Cara mengencangkan vagina

Untuk melatih otot dasar panggul agar kembali kencang, Bunda bisa melakukan latihan. Caranya, pilih posisi yang nyaman untuk Bunda berolahraga. Beberapa orang berbaring telentang bisa membantu. 

Selanjutnya, kencangkan otot dasar panggul dan tahan kontraksi selama 5 detik. Rileks sebentar selama 5 detik lagi. Lakukan repetisi setidaknya lima kali dalam satu latihan. 


Banner Jus untuk Diet

Latihan lainnya bisa dengan memiringkan panggul. Berdiri dengan bahu dan pantat menempel pada dinding. Jangan biarkan lutut terlalu kencang. Lalu tarik pusar Bunda ke arah tulang belakang dengan punggung menempel rata pada dinding.

Kencangkan pusar sekitar 4 detik, lalu lepaskan. Lakukan latihan ini sebanyak 5 hingga 10 kali sehari.

Terkait anggapan vagina bisa longgar karena terlalu sering berhubungan seks, semua itu hanya mitos ya, Bunda. Vagina tidak bisa longgar hanya karena berhubungan seks. 

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!