parenting

5 Cara Agar Anak Lebih Nyenyak Tidur di Malam Hari

Asri Ediyati Minggu, 29 Apr 2018 19:45 WIB
5 Cara Agar Anak Lebih Nyenyak Tidur di Malam Hari
Jakarta - Sering mendapati si kecil yang masih mengantuk dan nggak segar di pagi hari, Bun? Mungkin salah satu penyebabnya tidur malam si kecil nggak berkualitas alias nggak nyenyak.

Tidur nyenyak di malam hari bagi si kecil memang harus kita usahakan, Bun. Terutama pada anak yang baru saja dipercaya tidur di kamarnya sendiri. Kita perlu mendisiplinkan jam tidur anak agar mereka nggak kemalaman tidurnya. Kita juga perlu banget nih memastikan mereka merasa nyaman di kamarnya.

Seorang pakar kesehatan tidur mengungkapkan tips dan trik sederhana yang dapat digunakan orang tua untuk membuat anak-anaknya nyaman di tempat tidur mereka sendiri dan memiliki tidur malam yang berkualitas. Apa saja tips dan triknya? Yuk, simak bersama.


1. Jika Tidurnya Terpisah Kamar, Beri Pendekatan yang Baik

Perlu pendekatan yang baik jika kita ingin anak tidur di kamarnya sendiri. Vicki Dawson, CEO dari The Children's Sleep Charity, mengatakan anak sering melalui tahap yang menakutkan tentang tidur di kamar mereka sendiri.

"Banyak keluarga memilih untuk tidur bersama dan tidur nyenyak di malam hari, tetapi itu tidak untuk sebagian orang tua," tutur Vicki.

Nah, lebih baik kita perlahan memberi pengertian kepada anak bahwa tidur sendiri itu bisa membuat diri mereka lebih berani dan percaya diri.



2. Konsistensi adalah Kunci

Rutinitas sangat penting untuk anak kecil, dan cenderung gagal jika kita nggak konsisten. Beri kesempatan pada anak untuk menyesuaikan kegiatan rutinnya setidaknya dua minggu untuk memungkinkan pola tidur membaik.

3. Buat Kamar Anak Menjadi Nyaman

Tanyakan kepada anak apakah ada yang membuatnya sering terbangun atau takut dan nggak nyaman. Apakah terlalu gelap, terlalu panas, atau terlalu dingin. Selesaikan masalah ini di siang hari untuk membuat anak merasa nyaman. Siobhan Freegard, pendiri ChannelMum merekomendasikan lampu sorot untuk dipasang di kamar anak.

"Lampu sorot di malam itu menyejukkan dapat membantu anak-anak yang cemas, yang takut pada kegelapan. Orang tua juga bisa putar musik lembut untuk membantu tidur mereka," ujar Siobhan.

4. Lakukan Co-sleeping

Menemani mereka tidur untuk satu atau dua malam dapat membantu anak merasa nyaman. Ketika mereka sudah nyaman dan terlelap, kita bisa bergegas pindah ke kamar sendiri.



5. Biarkan Anak Bermain di Kamar di Siang Hari

Kamar tidur anak seringkali menjadi tempat yang digunakan hanya di malam hari. Jika semua yang mereka lakukan di sana adalah tidur, hal ini dapat menyebabkan mereka mengasosiasikannya dengan sendirian atau berada dalam kegelapan. Dengan memungkinkan mereka menghabiskan satu jam atau lebih di sana dalam sehari, mereka akan mulai bersantai dan mengasosiasikannya dengan hal-hal positif. (aci)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi