parenting

Saat 2 Putra Jokowi Jadi 'Tukang Angkut' Belanjaan Ayahnya

Annisa Karnesyia Selasa, 11 Jun 2019 11:57 WIB
Saat 2 Putra Jokowi Jadi 'Tukang Angkut' Belanjaan Ayahnya
Jakarta - Libur lebaran diisi Presiden Joko Widodo untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Kali ini, Jokowi mengajak keluarganya berbelanja di Pasar Gede, Solo.

Kedatangan Jokowi ini untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga, Bun. Sambil menggendong cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, Jokowi berkeliling pasar.




"Berbelanja di Pasar Gede Solo, pagi tadi. Pasar induk terbesar di Solo ini sedang ramai pengunjung. Kami membeli alat dapur seperti ulekan dan centong nasi, juga buah-buahan seperti salak, jeruk, blewah, hingga kesemek," tulis Jokowi.

Banyaknya barang yang dibeli, diakui Jokowi cukup merepotkan. Untunglah kedua putranya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep sigap membantu.

"Berat memang, tapi tak apa. Ada Gibran dan Kaesang yang sigap bantu mengangkatnya," sambung Jokowi.

[Gambas:Instagram]

Wah, pasti senang ya, memiliki anak yang sigap membantu seperti itu, Bun. Nah, sejak kecil sebenarnya anak bisa diajarkan menjadi pribadi yang suka menolong.

Kata Dr.David Schinfeld, keinginan menolong seseorang adalah inisiatif. Perasaan ini akan berkembang dengan baik saat anak tumbuh dewasa.

"Awalnya, anak menolong orang karena ingin mendapatkan apa yang dia mau. Selanjutnya, mereka melakukannya untuk dipuji," kata Scholfeld, dilansir Parents.

Jika sudah dibiasakan, pada akhirnya anak menolong karena melihat kebutuhan orang lain. Mereka menolong karena ingin bermanfaat bagi orang-orang dalam kehidupannya.


Nah, sekarang tugas orang tua untuk memberi bimbingan dan contoh. Bila benar, menolong bisa jadi kebiasaan bagi anak sampai dia tumbuh dewasa.

"Penting untuk menjadi role model yang baik bagi anak. Mereka belajar menjadi penolong dengan melihat orang tuanya," ujar Schonfeld.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi