parenting

Andrea Turk, Cicit WR Supratman yang Berprestasi di Bidang Musik

Annisa Karnesyia Senin, 24 Jun 2019 19:35 WIB
Andrea Turk, Cicit WR Supratman yang Berprestasi di Bidang Musik
Jakarta - WR Supratman dikenal sebagai pencipta lagu Indonesia Raya. Siapa sangka, bakat menciptakan lagu itu menurun ke cicit buyutnya, Andrea Turk.

Baru-baru ini, Andrea berhasil mengharumkan nama bangsa dengan memenangkan kompetisi Young Songwriter Showcase 2019 di London, Inggris. Perempuan 18 tahun ini menjadi satu-satunya peserta dengan 4 lagu ciptaannya sendiri yang masuk nominasi top 30.




Salah satu lagunya berjudul Who We Are bahkan berhasil masuk top 3 dalam kategori Internasional. Lagu ciptaannya ini akhirnya terpilih sebagai pemenang dan berhasil mengalahkan dua pesaingnya dari negara Kanada dan Slovenia.

Selain berhasil meraih juara, Andrea patut berbangga karena menjadi satu-satunya peserta dari luar Inggris yang tampil langsung di London pada 22 Juni 2019 lalu. Penyanyi dan penulis lagu ini secara live menyanyikan lagu Who We Are dalam final Young Songwriter Showcase.

Kebahagiaan Andrea juga dibagikan melalui akun Instagram miliknya, @andreapturk. Selain mengunggah videonya yang sedang tampil, dia juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasih.

"INDONESIA, Kita berhasil! Tadi malam saya berkesempatan untuk menampilkan 'Who We Are' di Songwriting Competition @song_academy dan saya bahagia bisa membagikan kabar kalau saya juara satu. Terima kasih banyak," tulis Andrea.

[Gambas:Instagram]

Ditanya soal prestasinya, penyanyi lagu Nothing About You itu mengaku sangat bersyukur dengan kemenangannya di kompetensi bergengsi ini. Apalagi, dia dapat mengharumkan nama bangsa di tingkat Internasional.

Wah, seperti buah jatuh tak jauh dari pohonnya, bakat Andrea ini benar menurun dari sang kakek buyut, WR Supratman ya, Bun? Berbicara tentang bakat, ini memang bisa diturunkan, apalagi jika anak sering terpapar musik sejak kecil.

Andrea turk, Cicit WR Supratman yang Berprestasi di Bidang MusikAndrea turk, Cicit WR Supratman yang Berprestasi di Bidang Musik/ Foto: Instagram

Kata pendidik dan pianis dari Amerika, Dr.Doreen Fryling, Ed.D, bakat anak memang bisa muncul secara spontan dari kegiatan sehari-hari yang sering dialaminya. Ketika anak sering terpapar musik, dia akan terbiasa dengan musik.

"Mulailah membuat musik sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, musik bisa menjadi bagian dari hidup anak dan secara spontan bisa disukai anak-anak," ujar Fryling, dilansir Kinder Musik.

Setelah anak mulai mengenal kelebihannya, penting untuk orang tua memberikan stimulasi sejak usia dini. Stimulasi ini berpengaruh terhadap minat dan kemampuan yang dihasilkan anak.

"Pada prinsipnya, minat adalah bidang yang menarik perhatian anak. Jika secara konsisten kemampuan di bidang tersebut diasah, maka anak bisa menghasilkan output yang baik," ujar psikolog dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clinic, Saskhya Aulia Prima.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi