parenting

Memahami Alasan Bayi Sering Menjulurkan Lidah

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 12 Jul 2019 16:30 WIB
Memahami Alasan Bayi Sering Menjulurkan Lidah
Jakarta - Bunda, setuju kan kalau bayi selalu terlihat menggemaskan. Apalagi kalau mereka melet-melet dengan wajah imutnya. Bayi Bunda juga senang menjulurkan lidah?

Jika hal tersebut dilakukan sesekali sih tentu masih lucu ya. Tapi, kalau terlalu sering pasti bikin Bunda senewen kan. Hmm, kenapa ya mereka senang sekali melet-melet.

Melansir Romper, dorongan untuk menjulurkan lidah pada bayi baru lahir merupakan gerakan refleks yang berkaitan dengan menyusui. Mungkin ketika Bunda menyentuh bibir bayi, lidahnya akan keluar untuk seperti bersiap-siap mengisap ASI atau susu formula.


Saat menunjukkan rasa lapar, beberapa bayi memang kerap menjulurkan lidah untuk memberi tanda bahwa sudah tiba waktunya makan. Gerakan refleks ini juga mencerminkan ketidaksiapan mereka menerima makanan padat. Cara ini juga membantu bayi mencegah tersedak pada zat-zat dimana tubuhnya tidak siap untuk menanganinya.

"Tubuh mereka sendirilah yang mengatakannya bahwa 'saya tidak siap untuk ini' atau 'saya masih membutuhkan ASI atau susu formula'. Dengan berjalannya waktu, kebiasaan tersebut akan hilang dan bayi pun akan dengan senang hati mengambil makanan dari sendok yang disediakan," kata Dr Jean Moorjani, seorang dokter anak di Arnold Palmer Hospital for Children.

Memahami Alasan Bayi Sering Menjulurkan LidahAlasan bayi sering menjulurkan lidah/ Foto: iStock

Di luar alasan tersebut, penyebab umum lainnya bayi menjulurkan lidahnya karena sudah menjadi kebiasaannya. Seperti diketahui bahwa menjulurkan lidah secara refleks dilakukannya sejak dilahirkan.Hal ini membantu memfasilitasinya dalam pemberian ASI atau susu formula. Biasanya, gerakan refleks ini akan menghilang antara usia 4-6 bulan, seperti penjelasan dari laman Healthline.

Oh ya, Bun, alasan lain di balik bayi yang kerap menjulurkan lidahnya yakni karena mereka memiliki mulut kecil. Memang, ada sejumlah sindrom atau kondisi yang dapat menyebabkan bayi memiliki mulut lebih kecil dari rata-rata. Dan terkadang, faktor genetik juga cenderung mempengaruhinya.

Kemudian, alasan berikutnya bayi menjulurkan lidahnya karena ia sedang mengalami hidung tersumbat, amandel besar, atau kelenjar gondok sehingga membuatnya bernapas melalui mulut. Itulah yang menyebabkan bayi sering menjulurkan lidah.

Jika kebiasaannya tersebut tak kunjung hilang seiring bertambahnya usia mereka, tidak ada salahnya mengkonsultasikannya pada dokter ya, Bun, untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Intip tips melepas dot pada bayi seperti dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi