parenting

Cara Pintar Asri Welas Manfaatkan Gadget untuk Anak

Annisa Karnesyia Kamis, 08 Aug 2019 11:31 WIB
Cara Pintar Asri Welas Manfaatkan Gadget untuk Anak
Jakarta - Putra pertama Asri Welas, Rajwa Gilbram Ridha Rahardja atau Ibam enggak cuma punya bakat bernyanyi rap. Semakin bertumbuh besar, Ibam mulai tertarik dengan berbagai hal, salah satunya dunia antariksa.

Ibam mempelajari semuanya dari gadget, Bun. Sebagai ibu, Asri memang sudah memberikan kebebasan putranya menggunakan gadget, tapi mengarahkannya ke arah positif.

"Memang dia sudah punya handphone, makanya aku bilang handphone itu harus dimanfaatkan, bukan cuma untuk main tapi lihat isi alam semesta ini, makanya dia tahu semua nama-nama planet itu dari gadget," kata Asri dilansir InsertLive.


Meski suka dengan dunia antariksa, Ibam tidak punya keinginan menekuni bidang ini. Tapi, di hari ulang tahunnya, Ibam meminta hadiah teleskop.

"Dia lagi minta hadiah teleskop, ibunya belum beli kado buat dia ulang tahun," ujar Asri.

Urusan memainkan gadget, Asri selalu memberikan pengertian dan kepercayaan pada sang anak. Tapi, dia tetap memantau penggunaannya, Bun.

"Aku sudah bilang ke dia, ada hal-hal yang enggak boleh, dia sudah tahu kok, aku percayalah sama dia. Tapi waktu main gadgetnya memang dibatasi," tutur ibu tiga anak ini.

Asri Welas dan IbamAsri Welas dan Ibam/ Foto: Instagram

Gadget atau gawai memang enggak selalu memberikan dampak negatif, Bun. Bila digunakan dengan benar, banyak pengetahuan yang bisa dipelajari si kecil dari gadget seperti yang dirasakan Asri dan putranya.

"Selama digunakan dengan benar, gawai bisa dimanfaatkan untuk kebaikan," kata psikolog anak Vera Itabiliana.

Godaan bermain gadget memang banyak. Menurut Vera, semuanya ada dan beraneka ragam, jadi sebagai orang tua, kita harus fokus, seperti berkomitmen untuk menentukan batas waktu dan aktivitas anak main gadget.

Dilansir We Have Kids, bila gadget digunakan dengan benar, bisa memberikan banyak manfaat, Bun. Salah satunya untuk pembelajaran kognitif dan kemampuan analitik si kecil.

Untuk anak usia pra sekolah, gadget bisa digunakan untuk menstimulasi rasa dan imaginasi. Beberapa orang bahkan menggunakan gadget untuk mengajarkan anak bicara, mendengar, dan belajar mengenali suara.

Simak juga cara mengatasi anak yang ketagihan gadget di video berikut, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi