sign up SIGN UP search

parenting

Anak Kedua Arief Muhammad Sudah Punya Dua Gigi saat Lahir, Ini Sebabnya Bun

Annisa Karnesyia Jumat, 12 Nov 2021 20:15 WIB
Anak kedua Arief dan Tiara Arief Muhammad dan sang istri/ Foto: Instagram @ariefmuhammad
Jakarta -

Influencer Arief Muhammad dan sang istri, Tiara Pangestika, tengah berbahagia nih, Bunda. Anak kedua mereka baru saja lahir.

Tiara Pangestika melahirkan anak berjenis kelamin perempuan pada Kamis (11/11/21). Anak keduanya ini diberi nama Mecca Ayu Amanjiva.

Ada yang unik dari kelahiran anak kedua Arief Muhammad ini lho, Bunda. Selain lahir di tanggal cantik, baby Mecca ternyata sudah tumbuh gigi.


Melalui unggahan di Instagram miliknya, Arief Muhammad mengatakan bahwa kejadian ini termasuk langka. Dokter yang menangani kelahiran istrinya juga kaget saat tahu Mecca sudah punya dua gigi.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

"Seharian ini full bareng Mecca dan @tiarapangestika. Nggak ngapa-ngapain, kelonan aja sambil ciumin Mecca nggak berhenti2. Bersyukur banget Mecca dan Tipang dalam keadaan sehat setelah perjuangan hari ini," tulis Arief Muhammad, dikutip dari Instagram, Jumat (12/11/21).

"Ada yang unik ketika Mecca lahir. Dokter kaget karena lahir2 sudah ada 2 gigi. Kata Dokter ini kejadian yang lumayan langka. Mecca mukanya plek2an kayak Ibrahim pas baru lahir sih. Ini versi ceweknya aja. Tipang banget mukanya.. papinya nggak dapet saham..," sambungnya.

Gigi pada bayi baru lahir memang kejadian yang cukup langka, Bunda. Di beberapa negara, peristiwa ini kerap dikaitkan dengan keberuntungan. Lalu apa kondisi ini normal ya?

Gigi pada bayi baru lahir

Menurut ulasan di Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences tahun 2012, gigi yang tumbuh pada bayi baru lahir disebut juga gigi natal dan neonatal. Gigi natal ada pada saat bayi lahir, sementara gigi neonatal adalah gigi yang muncul dalam 30 hari pertama kehidupan.

Mengutip Healthline, gigi bayi baru lahir ini termasuk langka dan terjadi pada sekitar 1 dari 2.000 kelahiran. Kondisi ini tidak berbahaya kecuali mengganggu makan dan membuat anak tersedak.

Penyebab tumbuhnya gigi pada bayi baru lahir ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada kondisi medis yang kemungkinan bisa meningkatkan bayi lahir memiliki gigi, seperti Sotos syndrome, Ellis-van Creveld syndrome, atau Hallerman-Streiff syndrome.

"Gigi ini dapat terlihat di celah langit-langit mulut atau bibir. Bayi yang lahir dengan kelainan pada dentin atau jaringan yang membentuk gigi, mungkin juga bisa mengalami kondisi ini," kata Dokter Anak Dr. Karen Gill.

Gigi tumbuh pada bayi baru lahir juga bisa dipicu oleh faktor risiko, Bunda. Baca halaman berikutnya yuk.

Simak juga 7 manfaat skin to skin dengan bayi baru lahir, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
BAYI PEREMPUAN LEBIH SERING TUMBUH GIGI SAAT LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!