sign up SIGN UP search

parenting

7 Tanda Anak Kesepian, Kenali pada Si Kecil agar Ia Tak Lama-lama Bersedih

Meita Fajriana   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 09:10 WIB
Loving worried mom psychologist consoling counseling talking to upset little child girl showing care give love support, single parent mother comforting sad small sullen kid daughter feeling offended Tanda Anak Kesepian, Kenali pada Si Kecil agar Ia Tak Lama-lama Bersedih/Foto: iStock

Jakarta - Tidak hanya orang dewasa, rasa kesepian juga bisa dirasakan anak-anak lho Bunda. Bahkan, sebuah penelitian terhadap anak-anak usia prasekolah menemukan satu atau lebih dari 10 anak merasa kesepian dan tidak bahagia dengan hubungan sosial mereka.

Anak-anak kesepian itu menggambarkan kondisi ini sebagai sesuatu yang menyakitkan. Wah, sedih ya Bunda..  

Sebagai orang tua tentu Bunda tidak ingin hal ini terjadi pada buah hatinya. Sebanyak 60 persen orang tua khawatir anak mereka juga merasakan kesepian Bunda. Bunda pasti ingin mereka memiliki teman yang terhubung dengan Si Kecil dan terlibat dalam interaksi sosial yang sehat.


Seorang anak yang kesepian biasanya merasa ditinggalkan dari kelompok bermain, mereka tidak memiliki siapa pun untuk diajak makan siang, atau seolah-olah mereka tidak terlihat oleh teman sebayanya. 

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Kesepian adalah kondisi yang tidak sehat untuk anak-anak atau orang dewasa. Hal ini bukan sesuatu yang bisa kita abaikan hingga berlarut-larut Bunda. Kesepian yang berkepanjangan dapat menyebabkan isolasi sosial, kecemasan, keputusasaan, dan bahkan depresi. Langkah pertama untuk menangkal kesepian adalah mengenali tanda-tanda dan petunjuk bahwa anak Bunda mungkin merasa kesepian.

“Kami tahu bagaimana kesepian dapat berdampak pada kehidupan anak mulai dari balita yang jarang bertemu orang karena kecemasan ibunya, hingga tidak punya waktu untuk berteman dengan orang seusia mereka. Ada hubungan yang jelas antara kesepian pada anak dan kesehatan mental dan fisik yang buruk, dan pencapaian akademis yang lebih rendah," kata Tony Hawkhead kepala eksekutif Action for Children, sebuah badan amal di Amerika Serikat yang berfokus pada kesehatan fisik dan mental anak dikutip dari laman Expatwoman, Rabu (30/3).

Untuk itu, Bunda perlu mencari tahu tanda anak kesepian, agar dapat diatasi lebih dini. Berikut tujuh kondisi dan perilaku yang menandakan anak Bunda kesepian dilansir dari laman Parent Cue

1. Menghadapi perubahan dalam keluarga

Jika Bunda baru saja pindah ke lingkungan, kota, atau negara baru, anak Bunda mungkin akan mengalami kesepian di awal. Perubahan keluarga lainnya yang dapat menciptakan kesepian seperti kelahiran saudara baru, saudara yang lebih tua meninggalkan rumah, perceraian, atau pekerjaan baru orang tua. Bunda bisa lebih peka terhadap prilaku anak saat menghadapi hal ini. 

2. Mengekspresikan kesedihan dengan menyendiri

Jika Bunda melihat anak menghabiskan lebih banyak waktu sendiri daripada biasanya, mulailah perhatikan perilakunya. Mungkin Si Kecil bertengkar dengan anak tetangga yang biasa bermain dengan mereka atau teman di sekolah, yang menyebabkan kesepian.

Ilustrasi anak sedih atau berdukaTanda Anak Kesepian, Kenali pada Si Kecil agar Ia Tak Lama-lama Bersedih/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Lacheev

3. Berbicara tentang merasa ditinggalkan

Anak Bunda mungkin tidak memiliki kata atau kosa kata yang tepat untuk mengekspresikan kesepian, tetapi mereka mungkin menggambarkannya dengan istilah lain. Anak bisa memberi tahu Bunda bahwa mereka merasa ditinggalkan di sekolah atau di acara lain. Jika ini terjadi berulang kali, bisa jadi karena anak kesepian Bunda.

4. Selalu ada di dekat Bunda

Seorang anak yang kesepian mungkin sangat membutuhkan interaksi dan perhatian sehingga mereka menjadi sangat melekat pada orang tua mereka. Meskipun ini normal untuk bayi dan anak kecil, namun hal ini bisa menjadi pertanda anak kesepian lho Bunda.

Simak penjelasan lain di halaman selanjutnya ya Bunda. 

Simak juga yuk Bunda, video tentang anak mengaku dibully, Asri Welas deg-degan & sedih.

[Gambas:Video Haibunda]



TANDA-TANDA ANAK KESEPIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!